Capai Puncak Kurva, Italia Klaim Kasus Omicron Mulai Menurun

Isal Mawardi - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 03:34 WIB
Turis menunggu dalam antrian untuk memasuki Colosseum di Roma, Italia, Jumat, 6 Agustus 2021. Apa yang disebut Green Pass, diperlukan mulai Jumat untuk mengakses makan dalam ruangan, teater, kolam renang dalam ruangan, pusat kebugaran, museum, dan pertemuan lainnya tempat dan diberikan kepada siapa pun yang memiliki setidaknya satu dosis vaksin dalam sembilan bulan terakhir, yang telah pulih dari COVID-19 dalam enam bulan terakhir atau dinyatakan negatif dalam 48 jam sebelumnya. (Foto AP/Riccardo De Luca)
Ilustrasi (Foto: AP/Riccardo De Luca)
Roma -

Italia mengklaim telah mencapai puncak gelombang kasus varian Omicron. Kini kasus Omicron di Italia mulai menurun.

"Ada kabar baik: tampaknya kami telah mencapai puncak kurva untuk apa yang menjadi perhatian Omicron dan itu akan menurun," kata kepala Darurat Covid Italia, Francesco Paolo Figliuolo, dilansir AFP, Selasa (25/1/2022).

Diketahui, jumlah kematian akibat Corona di Italia menjadi salah satu yang terburuk di Eropa yakni dengan hampir 144.000 kasus kematian. Sebagian besar kematian terjadi di Lombardy.

"Dalam dua hari terakhir, bahkan di Lombardy jumlah yang masuk ke rumah sakit lebih rendah dari jumlah yang keluar. Ini pertanda baik," kata Figliuolo.

Diketahui, ada 138.860 kasus Covid-19 baru pada Minggu (23/1) dengan 227 kematian.

WHO sendiri menyebut keadaan darurat COVID-19 dapat diakhiri oleh setiap negara pada tahun ini jika akses vaksinasi merata dan perbatasan dijaga ketat.

Varian Omicron kini menjadi perhatian dunia. Varian ini sangat menular tapi pada umumnya menyebabkan gejala yang lebih ringan di antara orang-orang yang sudah divaksinasi.

Varian Omicron menjadi varian yang paling dominan di Eropa.

Lihat juga Video: Kasus Covid-19 di Italia dan Prancis Cetak Rekor!

[Gambas:Video 20detik]




(isa/isa)