Jenazah WNI Korban Kapal Terbalik Ditemukan Dekat Pangkalan Laut Singapura

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 10:03 WIB
Ilustrasi kapal tenggelam atau kecelakaan kapal(Dok detikcom)
Ilustrasi (Dok detikcom)
Kuala Lumpur -

Sesosok jenazah pria yang dilaporkan berkewarganegaraan Indonesia (WNI) ditemukan sekitar lima mil laut (9,2 kilometer) sebelah barat daya Pangkalan Laut Changi di Singapura. WNI itu diyakini korban kapal terbalik di perairan Teluk Ramunia, Pengerang, Johor, Malaysia.

Seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star, Senin (24/1/2022), Direktur Badan Penegakan Maritim Malaysia di wilayah Johor, Laksamana Pertama Nurul Hizam Zakaria, menuturkan Pusat Penyelamatan Maritim Johor Baru mendapat pemberitahuan otoritas Singapura soal temuan jenazah pada Sabtu (22/1) waktu setempat.

"Jenazah itu diyakini hanyut sejauh 17,7 mil laut (32,7 kilometer) dari lokasi di mana kapal terbalik," ucap Nurul Hizam seperti dikutip kantor berita Bernama.

"Berdasarkan dokumen identitas yang ditemukan, korban yang merupakan seorang warga negara Indonesia, berusia 39 tahun, diyakini meninggal lebih dari dua hari lalu," sebutnya.

"Dia diyakini sebagai salah satu dari tiga korban yang hilang dalam insiden itu," imbuh Nurul Hizam.

Lebih lanjut dituturkan Nurul Hizam bahwa Operasi Carilamat telah memasuki hari keempat sejak sebuah kapal kayu yang membawa imigran ilegal terbalik di perairan Malaysia pekan lalu.

Kapal kayu itu dilaporkan membawa 27 imigran ilegal, yang diyakini berangkat dari Tanjung Tondang, Bintan, Indonesia. Kapal tersebut dilaporkan terbalik di perairan berjarak 1 mil laut dari Teluk Ramunia pada Kamis (20/1) dini hari.

Simak juga 'Kapal Pengangkut PMI Tenggelam di Laut Malaysia, 2 Orang Jadi Tersangka':

[Gambas:Video 20detik]