Lagi! 5 WNI Tewas dalam Kecelakaan Kapal di Perairan Malaysia

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 18:56 WIB
Kemenlu RI memastikan 14 anak buah kapal (ABK) Indonesia di kapal Long Xing milik China yang bersandar di Korea Selatan akan dipulangkan pada 8 Mei 2020. Kepulangan para awak kapal tersebut dilakukan setelah sebelumnya melewati proses karantina wajib.
Direktur Perlindungan WNI, Judha Nugraha (20detik)
Jakarta -

Lima warga negara Indonesia (WNI) tewas dalam kecelakaan kapal laut di perairan Malaysia. Kecelakaan terjadi di Pengerang, Kota Tinggi, Johor Bahru.

"Kejadian tanggal 20 (Januari), pada hari ini, informasi ini baru saja masuk kepada kami. Lokasi kejadian ada di Pengerang, Kota Tinggi, Johor Bahru," kata Direktur Perlindungan WNI Judha Nugraha dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube MoFA Indonesia, Kamis (20/1/2022).

Judha menerangkan, ada 27 penumpang dalam kapal yang tenggelam. Sebanyak 19 di antaranya selamat, kemudian 5 penumpang lainnya tewas dan satu orang masih berstatus hilang.

"Informasi awal yang kami terima, terdapat 27 orang yang diduga warga negara Indonesia yang ada dalam kapal tersebut. Sembilan belas selamat, ditemukan 5 jenazah dan 1 hilang," papar Judha.

Dia menyatakan KJRI Johor Bahru telah tiba di lokasi kejadian. Timnya juga sudah berada di lokasi dan berkoordinasi dengan pihak Malaysia.

"Upaya-upaya yang sudah dilakukan oleh KJRI Johor Bahru adalah mendatangi lokasi kejadian perkara, tim Perlindungan WNI sudah ada di lokasi, berkoordinasi dengan otoritas setempat," terang Judha.

"Baik itu pihak Imigrasi Malaysia, APMM, atau Malaysian Coast Guard, dan juga pihak rumah sakit. Selanjutnya, KJRI nanti akan membantu proses identifikasi jenazah, pemulasaran jenazah, dan juga repatriasi sesuai permintaan keluarga," lanjut Judha.

Sementara itu, untuk para korban selamat, Judha menjelaskan, mereka akan didampingi oleh KJRI untuk proses penyelidikan dan juga proses hukum. "Korban selamat akan kita lakukan pendampingan, konsuleran dalam proses penyelidikan maupun proses hukum lebih lanjut," tutur Judha.

Lihat juga video 'Dalang Penyelundup PMI Ilegal yang Tewas di Perairan Malaysia Ditangkap!':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.