Kala Penumpang Pesawat Amerika Tolak Pakai Masker Terancam 20 Tahun Penjara

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 21:18 WIB
Ilustrasi masker, pandemi covid-19, ilustrasi vaksin, ilustrasi pasien covid-19
Ilustrasi memakai masker (Foto: AP/Vadim Ghirda)
Jakarta -

Seorang penumpang pesawat maskapai American Airlines membuat geger seluruh penumpang pesawat karena menolak memakai masker. Penumpang itu pun terancam 20 tahun penjara.

Dilansir dari kantor berita AFP, Jumat (21/1), insiden itu terjadi pada Kamis (20/1) waktu setempat setelah pesawat tersebut lepas landas dari Miami, Amerika Serikat menuju London, Inggris.

"Penerbangan American Airlines 38 dengan layanan dari Miami ke London kembali ke MIA (Bandara Internasional Miami) karena gangguan pelanggan yang menolak untuk mematuhi persyaratan masker federal," kata maskapai AS itu.

Sang pilot pun akhirnya memutar balik pesawat itu untuk kembali ke landasan Miami menurunkan penumpang itu. Seorang pejabat kepolisian mengatakan kepada CNN, begitu pesawat mendarat, polisi mengawal penumpang yang berulah itu turun dari pesawat tanpa insiden.

Setelah peristiwa itu, American Airlines langsung menyelidiki lebih lanjut. Penumpang tersebut telah ditempatkan pada daftar orang yang dilarang terbang dengan maskapai AS tersebut.

Penumpang Terancam 20 Tahun Bui

Kini diketahui, penumpang itu berasal dari Irlandia. Dia menolak mengenakan masker selama penerbangan dari Dublin, Irlandia ke New York.

Pria itu pun terancam 20 tahun penjara. Dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (22/1/2022), Departemen Kehakiman Amerika Serikat menyatakan, selain menolak memakai masker, pria itu juga diadili karena telah memperlihatkan bagian bokongnya ke seorang pramugari.

Shane McInerney diduga berperilaku seperti itu dalam penerbangan Delta Airlines pada 7 Januari lalu.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: