China Usir Kapal Perang AS yang Berlayar di Laut China Selatan

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 14:40 WIB
The US Navy said the USS Benfold, above, ‘asserted navigational rights and freedoms in the vicinity of the Paracel Island, consistent with international law. (AFP)
Ilustrasi -- USS Benfold (AFP Photo)
Beijing -

Militer China mengusir sebuah kapal perang Amerika Serikat (AS) yang kedapatan berlayar memasuki perairan dekat Kepulauan Paracel di Laut China Selatan. Ini menjadi contoh ketegangan terbaru di perairan yang menjadi sengketa banyak negara tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (20/1/2022), Komando Armada Selatan militer China atau Tentara Pembebasan Rakyat melaporkan bahwa kapal perang AS yang diidentifikasi bernama USS Benfold telah 'secara ilegal' berlayar ke dalam wilayah perairan China tanpa izin dan terang-terangan melanggar kedaulatan China.

Disebutkan juga bahwa Angkatan Laut dan Angkatan Udara China mengikuti dan melacak pergerakan kapal perang AS tersebut.

"Kami dengan sungguh-sungguh menuntut agar pihak AS segera menghentikan aksi provokasi semacam itu, jika tidak, mereka akan menanggung konsekuensi serius dari peristiwa yang tidak terduga," tegas Komando Armada Selatan militer China dalam pernyataannya.

Dalam pernyataan terpisah, Angkatan Laut AS menyatakan USS Benfold 'menegaskan hak navigasi dan kebebasan di sekitar Kepulauan Paracel, konsisten dengan hukum internasional'.

"Pada akhir operasi, USS Benfold keluar dari klaim berlebihan dan operasi berkelanjutan di Laut China Selatan," sebut juru bicara Armada ke-7 militer AS, Mark Langford, dalam pernyataannya.

AS berulang kali melakukan apa yang disebutnya sebagai misi kebebasan navigasi di Laut China Selatan untuk menantang klaim wilayah China.

Simak juga 'Dituding AS Tingkatkan Kemampuan Senjata Nuklir, Ini Jawaban China':

[Gambas:Video 20detik]