Serangan Udara Hantam Penjara di Yaman, 70 Orang Tewas-138 Luka-luka

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 22:53 WIB
Israel melancarkan gempuran udara ke wilayah Gaza untuk respons ratusan roket yang ditembakkan Hamas. Serangan udara itu porak porandakan bangunan di Kota Gaza.
Ilustrasi (Foto: AP Photo/Hatem Moussa)
Saada -

Serangan udara menghantam sebuah penjara di Yaman. Doctors Without Borders mengatakan sebanyak 70 orang tewas dan 138 luka-luka dalam serangan itu.

Dilansir AFP, Jumat (21/1/2022) seorang juru bicara mengatakan jumlah korban tewas dan terluka itu hanya berasal dari satu rumah sakit di Saada.

"Dua (rumah sakit) lainnya di kota itu juga menerima banyak yang terluka dan (korban di) puing-puingnya masih dicari," katanya.

Sementara itu, pemberontak Huthi merilis rekaman video mengerikan yang menunjukkan mayat-mayat di reruntuhan dan mayat-mayat yang hancur akibat serangan penjara.

Serangan udara itu juga meratakan gedung-gedung di penjara di jantung utara Saada.

Selain serangan itu, lebih jauh ke selatan di kota pelabuhan Hodeida, anak-anak tewas ketika serangan udara oleh koalisi pimpinan Saudi menghantam fasilitas telekomunikasi saat mereka bermain di dekatnya. Hal itu diungkap oleh Save the Children.

"Anak-anak dilaporkan sedang bermain di lapangan sepak bola terdekat ketika rudal menghantam," kata Save the Children.

Serangan itu terjadi setelah Huthi membawa perang tujuh tahun ke fase baru. Mereka juga mengklaim serangan drone dan rudal di Abu Dhabi pada Senin lalu yang menewaskan tiga orang.

(lir/zap)