Hilang 77 Tahun Lalu, Pesawat Perang Dunia II Ditemukan di India

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 13:01 WIB
Negara bagian Uttarakhand, India, kembali membuka tempat-tempat wisata. Salah satunya adalah Puncak Chandrashilla di Himalaya.
Himalaya (Foto: AP/Manish Swarup)
Jakarta - Sebuah pesawat Perang Dunia II yang hilang telah ditemukan di wilayah terpencil Himalaya di India, setelah 77 tahun setelah pesawat itu jatuh tanpa ada yang selamat.

Temuan ini diperoleh menyusul pencarian berbahaya yang menyebabkan kematian tiga pemandu.

Dilansir dari kantor berita AFP, Jumat (21/1/2022), pesawat angkut C-46 tersebut membawa 13 orang dari Kunming, China selatan, ketika menghilang dalam cuaca badai di atas pegunungan di negara bagian Arunachal Pradesh, India pada minggu pertama tahun 1945.

"Pesawat ini tidak pernah terdengar lagi. Itu menghilang begitu saja," kata Clayton Kuhles, seorang warga Amerika Serikat yang memimpin misi pencarian setelah permintaan dari putra salah satu penumpang pesawat yang nahas itu.

Ekspedisi memakan waktu berbulan-bulan. Selama pencarian itu, Kuhles dan tim pemandu dari kelompok etnis lokal, Lisu mengarungi sungai setinggi dada dan berkemah di tengah suhu beku di ketinggian.

Tiga pemandu meninggal karena hipotermia pada tahap awal pencarian saat berkemah selama badai salju September 2021 lalu.

Namun, tim akhirnya menemukan pesawat di puncak gunung yang tertutup salju bulan lalu, di mana mereka dapat mengidentifikasi puing-puing pesawat dengan nomor ekor.

Tidak ada sisa-sisa kerangka manusia di antara serpihan pesawat itu.