Tiba-tiba Muncul di Guam, Ini Kehebatan Kapal Selam Nuklir Terkuat AS

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 17:08 WIB
The US Navy ballistic missile submarine USS Nevada arrived at Naval Base Guam on Saturday. (US Navy via CNN)
USS Nevada terdeteksi secara langka muncul ke permukaan di pangkalan laut AS di Guam pada Sabtu (15/1) waktu setempat (US Navy via CNN)
Washington DC -

Kemunculan langka salah satu kapal selam terkuat milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) di pelabuhan Guam memicu pertanyaan. USS Nevada yang bertenaga nuklir ini memiliki kemampuan menyelam selama berbulan-bulan tanpa muncul ke permukaan dan bisa membawa hingga 20 rudal balistik sekaligus.

Seperti dilansir CNN, Senin (17/1/2022), USS Nevada merupakan salah satu dari 14 kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir kelas-Ohio (SSBN) milik Angkatan Laut AS. USS Nevada menjadi sorotan setelah pada Sabtu (15/1) waktu setempat, melakukan kemunculan di pangkalan laut Guam.

Diketahui bahwa pergerakan dari 14 kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir dalam armada Angkatan Laut AS biasanya sangat dirahasiakan.

Angkatan Laut AS dalam pernyataannya menyebut kunjungan USS Nevada ke Guam bertujuan untuk 'memperkuat kerja sama antara AS dan sekutu-sekutunya di kawasan, menunjukkan kemampuan, fleksibilitas, kesiapan dan komitmen berkelanjutan AS terhadap keamanan dan stabilitas kawasan Indo-Pasifik'.

Kunjungan ini disebut sebagai kunjungan pertama USS Nevada ke Guam sejak tahun 2016, dan merupakan kunjungan kedua yang diumumkan ke publik sejak tahun 1980-an silam.

USS Nevada merupakan salah satu dari 14 unit kapal selam bertenaga nuklir kelas-Ohio (SSBN) milik Angkatan Laut AS. Disebutkan dalam situs Angkatan Laut AS untuk Angkatan Kapal Selam dan Armada Pasifik AS bahwa USS Nevada merupakan kapal perang keempat milik Angkatan Laut AS yang memiliki nama 'Nevada'.

USS Nevada mulai beroperasi sejak 16 Agustus 1986 silam dan diketahui sempat menjalani perbaikan pengisian bahan bakar selama dua tahun pada tahun 2010.

USS Nevada merupakan jenis kapal selam rudal balistik, atau yang sering disebut 'boomer', yang berfungsi sebagai platform peluncuran tak terdeteksi untuk rudal antarbenua. Kapal selam rudal balistik dirancang secara spesifik untuk aktivitas siluman (sembunyi-sembunyi), dan untuk pengiriman hulu ledak nuklir yang tepat.