Maskapai Internasional Batalkan Penerbangan ke AS Gegara 5G

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 16:02 WIB
Washington DC -

Sejumlah maskapai internasional berniat membatalkan sejumlah penerbangan tujuan Amerika Serikat (AS) mulai Rabu (19/1) waktu setempat, di tengah ketidakpastian soal gangguan antara layanan teknologi 5G untuk ponsel dengan teknologi pesawat yang penting.

Seperti dilansir CNN, Rabu (19/1/2022), maskapai Emirates, Air India, All Nippon Airways dan Japan Airlines mengumumkan pengurangan layanan dengan mengutip masalah teknologi 5G di bandara-bandara AS tersebut.

Emirates menyatakan pihaknya menangguhkan penerbangan ke sembilan bandara AS, yang terdiri atas Boston, Chicago O'Hare, Dallas Fort Worth, George Bush Intercontinental di Houston, Miami, Newark, Orlando, San Francisco dan Seattle.

Hanya penerbangan ke bandara John F Kennedy (JFK) di New York, bandara Los Angeles dan bandara Dulles di Washington DC yang masih berlanjut layanannya.

"Kami bekerja sama secara erat dengan produsen pesawat dan otoritas terkait untuk mengurangi kekhawatiran operasional, dan kami berharap melanjutkan layanan ke AS sesegera mungkin," demikian pernyataan maskapai Emirates.

Air India mengumumkan akan menangguhkan penerbangan antara Bandara Delhi dengan San Francisco, Chicago, dan JFK, juga rute Mumbai-Newark. Sedangkan penerbangan ke bandara Dulles di Washington DC masih berlanjut.

Sementara maskapai ANA dan Japan Airlines membatalkan sejumlah penerbangan ke AS yang dijadwalkan menggunakan pesawat Boeing 777, namun akan mengoperasikan beberapa penerbangan dengan pesawat Boeing 787.