China Serukan Pakai Masker-Sarung Tangan Saat Buka Paket Luar Negeri

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 13:04 WIB
In this photo released by Xinhua News Agency, a staff member disinfects parcels at a community under close-off management where a locally transmitted COVID-19 case was found in Haidian in Beijing, China on Tuesday, Jan. 18, 2022. (Ren Chao/Xinhua via AP)
Petugas pos di China melakukan disinfeksi terhadap kiriman paket dan surat (Ren Chao/Xinhua via AP)
Beijing -

Di tengah kekhawatiran penyebaran virus Corona (COVID-19) varian Omicron, otoritas China menyerukan warga untuk mengenakan masker dan sarung tangan saat membuka surat atau paket dari luar negeri.

Imbauan ini dirilis setelah otoritas China mengindikasikan bahwa kasus pertama varian Omicron yang terdeteksi di Beijing beberapa waktu lalu, bisa saja berasal dari sebuah paket yang dikirimkan dari Kanada. Demikian seperti dilansir Reuters, Rabu (19/1/2022).

Otoritas China telah berjanji untuk meningkatkan disinfeksi surat dan paket dari luar negeri dan bersikeras menyatakan agar para pegawai pos yang menangani paket dari luar negeri untuk divaksinasi Corona sepenuhnya.

Langkah pencegahan ini diberlakukan kurang dari tiga pekan sebelum Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin, dan saat sejumlah kota di China berupaya keras menekan kemunculan wabah baru Corona.

"Minimalkan pembelian barang-barang dari luar negeri atau menerima surat dari luar negeri," demikian pernyataan otoritas China melalui postingan media sosial dari televisi nasional CCTV pada Senin (17/1) malam.

"Pastikan untuk melindungi diri Anda selama proses serah-terima tatap muka dan kenakanlah masker dan sarung tangan; cobalah buka paket di luar ruangan," imbuh imbauan tersebut.

Dituturkan sejumlah pejabat kesehatan China bahwa orang yang terinfeksi varian Omicron di Beijing diketahui telah membuka sebuah paket dari Kanada, yang dikirimkan melewati rute Amerika Serikat (AS) dan Hong Kong. Menurut pejabat kesehatan China itu, penularan via paket 'tidak bisa dikesampingkan'.