Kapal Terbalik di Malaysia, 6 Imigran WNI Diselamatkan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 16:44 WIB
Ilustrasi kapal tenggelam atau kecelakaan kapal(Dok detikcom)
Ilustrasi (dok. detikcom)
Kuala Lumpur -

Sedikitnya enam imigran ilegal asal Indonesia diselamatkan setelah kapal yang mereka tumpangi terbalik akibat diterjang gelombang kuat di perairan Malaysia. Tujuh orang lainnya dilaporkan masih hilang.

Seperti dilaporkan kantor berita Bernama dan dilansir Channel News Asia, Selasa (18/1/2022), insiden itu terjadi di lepas pantai Pontian, yang ada di sebelah barat daya Johor, yang menghadap ke Selat Melaka.

Direktur Maritim Johor, Laksamana Pertama Nurul Hizam Zakaria, menyatakan bahwa Johor Bahru Maritime Rescue Sub Center (MRSC) menerima laporan soal enam orang diselamatkan kapal nelayan lokal di perairan berjarak 500 meter sebelah barat daya Pontian Besar.

Insiden itu terjadi pada Selasa (18/1) pagi, sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Disebutkan Nurul Hizam bahwa, menurut korban selamat, ada 13 orang di dalam kapal yang terbalik itu, termasuk sang nakhoda.

"Menyusul itu, operasi pencarian dan penyelamatan diluncurkan pukul 10.20 waktu setempat," tuturnya.

Dia menambahkan bahwa sebuah helikopter jenis AW139 dan kapal jenis KILAT 12 dikerahkan untuk mencari orang-orang yang masih hilang.

Enam orang yang berhasil diselamatkan itu telah dibawa ke Rumah Sakit Pontian untuk menjalani pemeriksaan medis lebih lanjut.

(nvc/ita)