3 Kapal Tenggelam Akibat Cuaca Buruk, 27 ABK WNI Diselamatkan Malaysia

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 11 Nov 2021 10:38 WIB
Ilustrasi kapal tenggelam atau kecelakaan kapal(Dok detikcom)
Ilustrasi kapal tenggelam (dok. detikcom)
Kuala Lumpur -

Sedikitnya 27 anak buah kapal (ABK) berkewarganegaraan Indonesia (WNI) diselamatkan otoritas Malaysia setelah tiga kapal niaga tenggelam di sekitar Pulau Pisang, dekat Pontian, Johor. Kapal-kapal itu dilaporkan tenggelam akibat cuaca buruk.

Seperti dilansir dari The Star, Kamis (11/11/2021), Direktur Badan Penegakan Maritim Malaysia (MMEA) wilayah Johor, Laksamana Pertama Nurul Hizam Zakaria, menuturkan perusahaan yang mengoperasikan kapal-kapal itu memberitahu MMEA soal situasi darurat pada Rabu (10/11) pukul 11.00 waktu setempat.

Operasi pencari dan penyelamatan dikerahkan 30 menit kemudian untuk mencari tiga kapal niaga bermuatan kelapa yang bernama KLM Budiman, KLM Alam Makmur dan KLM Firman Haya 3 yang dihantam cuaca buruk saat berlayar.

"Kapal pertama KLM Budiman ditemukan tenggelam sebagian di perairan berjarak 8,1 mil laut (sekitar 15 kilometer) dari Tanjung Laboh, Batu Pahat, pukul 12.27 waktu setempat," sebut Nurul Hizam dalam pernyataannya.

"Sebuah kapal niaga barter yang ada di dekatnya melihat mereka dan membantu menyelamatkan 10 warga Indonesia dari kapal yang tenggelam," jelasnya.

Dia mengatakan kapal yang tenggelam itu telah ditarik dengan aman oleh kapal lainnya.

Nurul Hizam juga menyebut tujuh ABK lainnya diselamatkan sebuah kapal lain di perairan berjarak 7,4 mil laut atau sekitar 13,7 kilometer sebelah barat daya Pulau Pisang pada pukul 12.57 waktu setempat, setelah kapal kedua, KLM Alam Makmur, tenggelam di lokasi yang tidak diketahui.