Kasus Corona Harian di China Catat Rekor Tertinggi

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 12:17 WIB
Setelah melakukan lockdown di Xian imbas lonjakan kasus COVID-19, China kembali mengunci-batasi aktivitas warga di salah satu kotanya. Kota itu adalah Yuzhou.
Ilustrasi -- Situasi pandemi Corona di China (dok. AP Photo)
Beijing -

Jumlah lonjakan kasus virus Corona (COVID-19) dalam sehari di China mencapai rekor tertinggi sejak Maret 2020. Rekor baru tercatat saat otoritas China berupaya keras membasmi varian Omicron yang sangat menular selang tiga pekan sebelum Olimpiade Musim Dingin digelar di Beijing.

Seperti dilansir AFP, Senin (17/1/2022), China yang menjadi lokasi awal terdeteksinya Corona pada akhir tahun 2019, berpegang teguh pada kebijakan ketat yang menargetkan nol kasus COVID saat negara-negara lainnya mulai membuka kembali perbatasan dan perekonomian mereka.

Namun pendekatan itu menghadapi tantangan baru beberapa pekan terakhir, dengan banyak klaster penularan bermunculan di berbagai wilayah China saat Olimpiade Beijing akan digelar pada Februari mendatang.

Pada Senin (17/1) waktu setempat, otoritas China melaporkan 223 kasus baru dalam sehari di wilayahnya.

Angka itu termasuk 80 kasus di kota pelabuhan Tianjin yang dilanda wabah baru Corona dan sembilan kasus lainnya -- beberapa kasus Omicron -- di pusat manufaktur Guangdong.

Para atlet dan ofisial mulai berdatangan di Beijing menjelang dimulainya Olimpiade. Mereka dengan segera memasuki area bubble yang dikontrol ketat yang memisahkan mereka dari populasi Beijing lainnya.

Namun setelah satu kasus penularan lokal untuk varian Omicron terdeteksi pada akhir pekan di Beijing, otoritas setempat memperketat regulasi untuk orang-orang yang tiba di Beijing dari wilayah lainnya di negara tersebut.

Simak juga 'Pakar Kesehatan China Bicara Terkait Temuan Varian 'IHU'':

[Gambas:Video 20detik]