Round Up

Pelarian Dalang Utama Pembunuhan Presiden Haiti Terhenti di Jamaika

Tim detikcom - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 05:31 WIB
Haiti: Pembunuhan presiden dan prediksi kekacauan negara termiskin di kawasan Amerika Utara
Presiden Haiti (Foto: BBC World)
Jakarta -

Pelarian dalang utama di balik pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise terhenti di Jamaika. Otoritas Jamaika mengamankan mantan senator Haiti John Joel Joseph yang menjadi otak pembunuhan tersebut.

Berikut kronologi penangkapan eks senator Haiti John Joel Joseph seperti dilansir AFP, Minggu (16/1/2022):

Kronologi Penangkapan Eks Senator Haiti

Pasukan Polisi Jamaika (JCF) mengkonfirmasi "bahwa seorang warga negara Haiti; Jean Joel Joseph dan tiga anggota lainnya (dari) keluarganya ditangkap di Jamaika atas tuduhan terkait imigrasi,"

Penyelidik Jamaika menghubungi pihak berwenang Haiti yang mengatakan Joseph "dicari di Haiti sebagai tersangka dalam dugaan pembunuhan Presiden Haiti pada tahun 2021," tambahnya.

Joseph ditangkap di sebuah rumah di St. Elizabeth, sebuah paroki di barat daya pulau itu.

Seorang sumber kepolisian Jamaika mengatakan kepada AFP bahwa Joseph "sedang ditahan saat ini."

Sumber itu mengatakan polisi Jamaika bertindak dalam hubungannya dengan "mitra penegakan hukum internasional" dan bahwa "penyelidikan bersama" telah berlangsung.

Surat perintah penangkapan dikeluarkan untuk Joseph tepat setelah pembunuhan Presiden Haiti, di mana pihak berwenang menggambarkannya sebagai "bersenjata dan berbahaya." Joseph adalah seorang senator oposisi dan kritikus sengit terhadap presiden.

Pembunuhan Presiden Haiti

Pada 7 Juli 2021 lalu, Presiden Haiti Jovenel Moise dilaporkan tewas terbunuh dalam serangan dini hari sekitar pukul 01.00 waktu setempat. Sekelompok penyerang bersenjatakan senapan membunuhnya di kediaman pribadinya di Port-au-Prince.

Selain Joseph, istrinya, Martine Moise juga terkena tembakan. Namun kala itu dia berhasil selamat meski mengalami luka-luka akibat peluru.

Beberapa hari setelah pembunuhan Moise, Kepala Polisi Nasional Leon Charles mengatakan Joseph adalah pemain kunci dalam pembunuhan tersebut. Joseph dituduh memasok senjata dan merencanakan pertemuan.

Simak juga 'Seorang Tersangka Kasus Pembunuhan Presiden Haiti Ditangkap':

[Gambas:Video 20detik]