ADVERTISEMENT

International Updates

Sejuta Orang Akan Padati Gangga, Kim Jong-Un Awasi Uji Rudal Hipersonik

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 18:20 WIB
Sungai Gangga
Sungai Gangga (Foto: (iStock))
Jakarta -

Hampir 1 juta umat Hindu di India diperkirakan akan berkumpul di tepi Sungai Gangga pada hari Jumat (14/1) dan Sabtu (15/1) mendatang untuk melakukan ritual mandi suci. Ritual tahunan ini tetap akan dilakukan meskipun kasus infeksi COVID-19 terus melonjak di seluruh negeri.

Dilansir dari kantor berita Reuters, Rabu (12/1/2022), India melaporkan 168.063 kasus baru infeksi COVID-19 pada hari Selasa (11/1), kenaikan 20 kali lipat dalam sebulan meskipun pengujian jauh di bawah kapasitas.

Meski jumlah kasus harian terus melonjak, namun sebagian besar orang yang terinfeksi COVID-19 telah pulih di rumah. Tingkat rawat inap juga kurang dari setengah dari yang terlihat selama gelombang besar COVID-19 terakhir pada bulan April dan Mei tahun lalu.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (12/1/2022):

- AS Setop Penerbangan Gegara Peluncuran Rudal Hipersonik Korut

Otoritas penerbangan Amerika Serikat (AS) sempat menghentikan sementara aktivitas lepas landas di sejumlah bandara di wilayah pantai barat negara tersebut setelah Korea Utara (Korut) meluncurkan rudal hipersonik. Penghentian penerbangan ini dimaksudkan AS sebagai langkah pencegahan.

Seperti dilansir AFP, Rabu (12/1/2022), langkah menghentikan sementara aktivitas penerbangan semacam itu tergolong langka dilakukan oleh Otoritas Penerbangan Federal AS (FAA).

"Sebagai tindakan pencegahan, FAA untuk sementara menghentikan keberangkatan di beberapa bandara di sepanjang Pantai Barat pada Senin (10/1) malam waktu setempat," demikian pernyataan FAA.

"Operasional penuh berlanjut kembali dalam waktu kurang dari 15 menit. FAA secara rutin mengambil langkah-langkah pencegahan," imbuh pernyataan tersebut.

- Omicron Merajalela, 7 Juta Kasus Baru Muncul di Eropa dalam Sepekan

Lebih dari 7 juta kasus virus Corona (COVID-19) varian Omicron terdeteksi di seluruh wilayah Eropa sepanjang pekan lalu, atau pada pekan pertama bulan Januari. Angka itu tercatat meningkat dua kali lipat hanya dalam dua pekan.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (12/1/2022), hal tersebut disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam pernyataan terbaru pada Selasa (11/1) waktu setempat.

Direktur WHO untuk kawasan Eropa, Dr Hans Kluge, menyatakan bahwa 26 negara di kawasan Eropa melaporkan lebih dari 1 persen populasi mereka terinfeksi virus Corona setiap pekan.

Dia memperingatkan bahwa sekarang 'jendela peluang mulai tertutup' bagi negara-negara untuk mencegah sistem kesehatan mereka kewalahan menghadapi kasus Corona.

- Hamas Tuding Israel Kerahkan Pasukan Lumba-lumba Pembunuh

Kelompok Hamas yang menguasai Gaza mengklaim anggotanya diserang oleh lumba-lumba pembunuh dari militer Israel. Hamas menyatakan bahwa lumba-lumba itu dilengkapi peralatan tempur khusus saat menyerang personel komando angkatan lautnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT