Kendaraan Berisi Pejabat-Jurnalis Kecelakaan di Tanzania, 14 Orang Tewas

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 22:49 WIB
Ilustrasi Kecelakaan
Ilustrasi kecelakaan (Foto: Thinkstock/assistantua)
Tanzania -

Kendaraan yang berisi rombongan pejabat hingga jurnalis terlibat kecelakaan di dekat Danau Victoria, Tanzania. Sebanyak 14 orang tewas akibat peristiwa tersebut.

Dilansir dari AFP, Selasa (11/1/2022), rombongan itu yakni komisaris regional Mwanza, dan pejabat komunikasi lokal dan sopir, serta wartawan televisi dan surat kabar. Kecelakaan itu diduga berawal dari minibus yang ingin menyalip kendaraan lain.

Kemudian bertabrakan dengan kendaraan yang ditumpangi pejabat hingga jurnalis tersebut.

"Sebuah minibus mencoba menyalip kendaraan lain, kemudian bertabrakan dengan kendaraan yang membawa wartawan dan pejabat pemerintah," kata Gabriel Zacharia, komisaris distrik Busega, di mana kecelakaan itu terjadi.

Sementara, Presiden Tanzania Samia Suluhu Hassan mengucapkan belasungkawa kepada keluarga korban di akun Twitternya. Dia berdoa untuk pemulihan cepat bagi yang terluka.

Kecelakaan maut juga terjadi pada pekan lalu, negara Afrika Timur itu mengalami tragedi sebuah kapal yang mengangkut orang-orang ke pemakaman di kepulauan Zanzibar di Samudera Hindia terbalik. Sebanyak 10 orang tewas akibat kejadian ini.

Peristiwa lain, yakni truk terbalik di dekat kota Lira di Uganda utara pada Senin malam. Kejadian ini mengakibatkan 9 pedagang tewas dan 20 lainnya terluka.

"Kecelakaan itu disebabkan oleh kecepatan tinggi, mengemudi sembrono dan truk itu kelebihan muatan dengan penumpang dan barang dagangan," kata juru bicara kepolisian daerah Jimmy Patrick Okema.

Dia mengatakan 20 orang lainnya dirawat di rumah sakit. Saksi mata yang dikutip oleh media lokal mengatakan truk itu memiliki lebih dari 50 orang di dalamnya ketika jatuh, tetapi ini tidak dikonfirmasi oleh polisi.

(eva/knv)