Jet Tempur F-16V Hilang dari Radar, Taiwan Luncurkan Misi Pencarian

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 17:31 WIB
In this image taken from video, Taiwanese soldiers prepare to enter a building during an urban warfare drill in Kaohsiung in southern Taiwan, Thursday, Jan. 6, 2022. Members of Taiwans Army Infantry Training Command in the southern city of Kaohsiung simulated an urban warfare confrontation in a drill on Thursday. (AP Photo)
Ilustrasi -- Jet tempur Taiwan (dok. AP Photo)
Taipei -

Sebuah jet tempur F-16V milik Taiwan menghilang dari radar saat melakukan penerbangan latihan. Angkatan Udara Taiwan telah meluncurkan operasi pencarian dan penyelamatan untuk mencari keberadaan salah satu jet tempur paling canggih itu.

Seperti dilansir AFP, Selasa (11/1/2022), jet tempur itu menghilang sekitar satu setengah jam usai lepas landas dari sebuah pangkalan di kota Chiayi, untuk misi latihan rutin, pada Selasa (11/1) waktu setempat.

Pusat penyelamatan nasional Taiwan melaporkan bahwa orang-orang menyaksikan sebuah jet tempur F-16V 'jatuh ke lautan'. Dua helikopter dan satu kapal penjaga pantai telah dikerahkan untuk mencari keberadaan jet tempur tersebut.

Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, telah memerintahkan upaya penyelamatan besar-besaran dan meminta agar penyebab insiden itu diselidiki secara jelas.

Militer Taiwan menugaskan skuadron pertama untuk jet tempur F-16V buatan Amerika Serikat (AS) pada November lalu, dalam upaya meningkatkan armadanya yang mulai menua di tengah ketegangan dengan China yang semakin meningkat.

Otoritas China mengklaim Taiwan yang memiliki pemerintahan demokratis sebagai bagian wilayahnya dan bersumpah akan merebutnya suatu hari nanti, dengan kekerasan jika diperlukan.

Jet tempur F-16V merupakan versi terbaru dan lebih canggih dari jet tempur F-16 lainnya yang dimiliki Taiwan sejak tahun 1990-an.

Angkatan Udara Taiwan mengalami serentetan insiden fatal dalam beberapa tahun terakhir, karena jet-jet tempurnya terus berada di bawah tekanan China. Selain jet tempur buatan AS, Angkatan Udara Taiwan juga memiliki sejumlah jet tempur Mirage buatan Prancis dan pesawat tempur buatannya sendiri.

(nvc/ita)