Jet Tempur Korea Selatan Tabrak Gunung, Pilot Tewas

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 16:16 WIB
Ilustrasi bendera Korea Selatan
Foto: Ilustrasi
Jakarta -

Seorang pilot Angkatan Udara Korea Selatan (Korsel) tewas dalam kecelakaan jet tempur F-5E pada hari Selasa (11/1). Insiden maut ini terjadi seminggu setelah negara itu mengandangkan armada jet tempur canggih F-35-nya.

Dilansir dari kantor berita AFP, Selasa (11/1/2022), menurut otoritas militer Korsel, jet tempur itu menabrak sebuah gunung di Kota Hwaseong, Provinsi Gyeonggi, sekitar 50 kilometer selatan Seoul, ibu kota Korsel.

Media Yonhap News melaporkan bahwa jet tempur tersebut menabrak sebuah gunung di Hwaseong pukul 13.46 waktu setempat, hanya beberapa menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Suwon di selatan Seoul.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Pertahanan mengatakan bahwa pilot tunggal di pesawat tersebut gagal melontarkan diri dan tewas dalam kecelakaan itu.

Angkatan Udara Korea Selatan menyatakan sedang menyelidiki penyebab kecelakaan itu.

F-5E merupakan jet tempur generasi tua dengan desain yang berasal dari tahun 1960-an.

Korea Selatan telah mengoperasikan sekitar 200 jet F-5 sejak tahun 1970-an. Sebagian besar sudah tidak dapat digunakan dan sebagian lainnya segera mencapai siklus pengoperasian penuh.

Pekan lalu, Korea Selatan mengandangkan seluruh armada jet tempur canggih F-35, setelah salah satu dari jet tempur siluman itu terpaksa melakukan pendaratan darurat yang dramatis setelah kerusakan sistem utama.

Dalam insiden itu, setelah roda pendarat pada jet tempur berhenti bekerja, pilot memilih untuk tidak melontarkan dirinya dan malah mendaratkan jet dengan menggunakan bagian perut pesawat. Beruntung, sang pilot pun lolos tanpa cedera dalam insiden itu.

(ita/ita)