Korut Kembali Luncurkan Rudal Balistik, Kedua dalam Sepekan

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 09:10 WIB
This photo provided by the North Korean government, shows what it says a test launch of a hypersonic missile in North Korea Wednesday, Jan. 5, 2022. Independent journalists were not given access to cover the event depicted in this image distributed by the North Korean government. The content of this image is as provided and cannot be independently verified. Korean language watermark on image as provided by source reads:
Ilustrasi -- Peluncuran rudal hipersonik Korut pada 5 Januari lalu (dok. Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Pyongyang -

Korea Utara (Korea) kembali meluncurkan sebuah rudal balistik dari wilayahnya. Peluncuran rudal ini merupakan aktivitas balistik kedua yang dilakukan Korut kurang dalam sepekan terakhir.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (11/1/2022), aktivitas peluncuran rudal ini diumumkan oleh dua negara tetangga Korut, yakni Korea Selatan (Korsel) dan Jepang. Rudal balistik yang diluncurkan Korut itu dilaporkan jatuh ke lautan di sebelah timur negara komunis tersebut.

Kepala Staf Gabungan pada militer Korsel (JCS) dalam pernyataannya menyebut peluncuran rudal balistik terdeteksi pada Selasa (11/1) pagi, sekitar pukul 07.27 waktu setempat, dari area pedalaman Korut menuju lautan di lepas pantai timur negara tersebut.

"Militer (Korsel) mempertahankan postur kesiapan sembari memantau dengan cermat tren terkait di bawah kerja sama erat antara Korsel dengan Amerika Serikat (AS) dalam persiapan untuk peluncuran tambahan," sebut JCS dalam pernyataannya.

Intelijen Korsel dan AS disebut tengah melakukan analisis detail untuk mendapatkan informasi tambahan soal peluncuran rudal Korut itu.

Secara terpisah, sejumlah sumber pemerintah Jepang yang dikutip Kyodo News Agency menyebut proyektil yang diluncurkan Korut jatuh di perairan di luar zona ekonomi eksklusif Jepang.

"Bahwa Korea Utara terus meluncurkan rudal, sangat disesalkan," ucap Perdana Menteri (PM) Jepang, Fumio Kishida, kepada wartawan setempat.

Tonton juga Video: Lagi dan Lagi! Korut Pamer Tembakan Rudal Anti-Pesawat

[Gambas:Video 20detik]