Kapal Selam Rusia Tabrak Kapal Perang Inggris di Atlantik!

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 07 Jan 2022 10:43 WIB
A view taken 06 may 2007 shows the Royal Navy frigate, HMS Northumberland, at dock in the port of Algiers. The frigate that arrived in Algiers on a three-day visit, carries over 200 personnel from various areas defence and government are expected to gather to view the ships sophistcated weapons and sensors including the state of the art Merlin helicopter.  
AFP PHOTO / FAYEZ NURELDINE (Photo by FAYEZ NURELDINE / AFP)
Ilustrasi -- Kapal perang Inggris, HMS Northumberland, dalam foto tahun 2007 (dok. AFP/FAYEZ NURELDINE)
London -

Insiden langka terjadi antara sebuah kapal selam Rusia dan sebuah kapal perang milik Angkatan Laut Inggris yang sedang patroli di perairan Atlantik Utara. Kapal selam Rusia itu dilaporkan menabrak bagian sonar pada kapal perang Inggris tersebut.

Seperti dilansir CNN, Jumat (7/1/2022), insiden ini dikonfirmasi oleh Kementerian Pertahanan Inggris terjadi setahun lalu, namun baru diungkap ke publik pada Kamis (6/1) waktu setempat.

Disebutkan Kementerian Pertahanan Inggris dalam pernyataan terbarunya bahwa insiden itu terjadi saat kapal perang Inggris, HMS Northumberland, sedang melacak keberadaan kapal selam Rusia dalam patrolinya.

"Akhir tahun 2020, sebuah kapal selam Rusia yang dilacak oleh HMS Northumberland melakukan kontak dengan sonar array yang ditarik kapal perang tersebut," sebut juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris dalam pernyataannya.

"Angkatan Laut Kerajaan (Inggris) secara rutin melacak kapal-kapal dan kapal selam asing untuk memastikan pertahanan Inggris," imbuh pernyataan itu.

Sonar array merupakan sensor yang bisa diulur atau digulung oleh kapal ketika digunakan.

Menurut Angkatan Laut Inggris, kapal perang HMS Norhtumberland melakukan 'misi penting untuk melindungi perairan Inggris dan penangkal nuklir negara itu' dalam patrolinya tahun 2020 lalu.

Belum ada tanggapan resmi dari otoritas maupun militer Rusia terkait laporan insiden ini.

Simak juga video 'Aliansi Militer Rusia Kirimkan Pasukan Perdamaian ke Kazakhstan':

[Gambas:Video 20detik]



(nvc/ita)