Wanti-wanti Menkes India saat Catat Corona Nyaris Naik 5 Kali Lipat

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 04 Jan 2022 06:30 WIB
Nyaris 2 tahun siswa di Gauhati, India, belajar dari rumah imbas pandemi Corona. Kini mereka dapat kembali belajar di sekolah dengan penerapan prokes ketat.
Foto: Corona di India (AP Photo/Anupam Nath)
Jakarta -

Kasus Corona (COVID-19) di India melonjak nyaris lima kali lipat dalam sepekan terakhir. Menkes India, Mansukh Mandaviya mewanti-wanti soal varian Omicron yang sangat menular.

Lonjakan ini dilaporkan di tengah ancaman gelombang baru Corona yang dipicu varian Delta dan varian baru Omicron.

Seperti dilansir CNN, Senin (3/1/2022), Kementerian Kesehatan India melaporkan 33.750 kasus baru Corona dalam 24 jam terakhir, atau pada Senin (3/1). Angka itu tercatat meningkat nyaris lima kali lipat jika dibandingkan hari yang sama sepekan lalu, ketika 7.031 kasus Corona terdeteksi dalam sehari.

Dari puluhan ribu kasus yang tercatat pada Senin (3/1) waktu setempat itu, sekitar 1.700 kasus di antaranya merupakan kasus varian Omicron. India diketahui pertama mendeteksi varian Omicron di wilayahnya pada 2 Desember lalu.

"Varian Omicron sangat menular, lonjakan tinggi dalam jumlah kasus bisa membuat kewalahan sistem medis," ucap Menteri Kesehatan (Menkes) India, Mansukh Mandaviya, dalam pernyataannya.

Selengkapnya di halaman berikut

Simak juga Video: Tekan Kasus Infeksi Omicron, India Mulai Vaksinasi Remaja

[Gambas:Video 20detik]