Covid Singapura: Kasus Terkini Omicron-Perkembangan Vaksinasi Anak

Tim detikcom - detikNews
Senin, 03 Jan 2022 16:30 WIB
Covid Singapura melaporkan kasus terbaru per Minggu (2/1/) siang waktu setempat. Kasus varian Corona Omicron juga termasuk di dalamnya.
Covid Singapura: Kasus Terkini Omicron-Perkembangan Vaksinasi Anak (Foto: BBC Magazine)
Jakarta -

Covid Singapura melaporkan kasus terbaru per Minggu (2/1/) siang waktu setempat. Kasus varian Corona Omicron juga termasuk di dalamnya.

Selain itu, pemerintah Singapura juga menerapkan kebijakan baru untuk vaksinasi anak-anak usia 5-11 tahun. Berikut serba-serbi Covid Singapura berdasarkan rangkuman detikcom.

Covid Singapura: Data Kasus

Pemerintah Singapura telah merilis data terbaru perkembangan kasus Covid-19. Melansir dari Channel News Asia, berikut rincian data pada Minggu (2/1):

  1. 429 kasus Corona, terdiri dari
    -297 kasus impor
    -132 kasus lokal (128 kasus masyarakat lokal, 4 kasus di asrama pekerja migran)
  2. 155 Kasus Omicron. Jumlah ini terdiri dari:
    -119 kasus impor
    -36 kasus lokal

Covid Singapura: Kebijakan Sibling Walk-In Mulai 10 Januari 2022

Akibat tren Covid Singapura, pemerintah setempat mengimbau seluruh masyarakatnya mendapatkan dosis vaksinasi. Mulai 10 Januari nanti, anak usia 5-11 tahun yang merupakan sesama saudara kandung bisa bersama-sama datang ke lokasi vaksinasi untuk mendapatkan dosis vaksin. Aturan ini disebut dengan Sibling Walk-In.

"Hal ini untuk memberikan kenyamanan yang lebih besar bagi orang tua atau wali dengan lebih dari satu anak berusia lima hingga 11 tahun dan untuk mengoptimalkan kapasitas vaksinasi yang tersedia pada hari-hari itu," kata Kementerian Pendidikan (MOE) dan Badan Pengembangan Anak Usia Dini (ECDA), Senin (3/1/2022).

Covid Singapura: Ketentuan Vaksinasi Anak Sibling Walk-In

Kebijakan Sibling Walk-In akan memudahkan vaksinasi bagi anak usia 5-11 tahun yang merupakan sesama saudara kandung. Berikut imbauan bagi orang tua yang hendak membawa anaknya vaksinasi COVID-19.

  • Anak-anak harus datang ke pusat vaksinasi dari hari Senin-Kamis pukul 19.00 waktu setempat.
  • Anak-anak harus membawa identitas diri, seperti kartu pelajar, akta kelahiran, atau paspor.
  • Anak-anak yang melakukan vaksinasi di Sekolah Menengah Yusof Ishak harus datang pukul 17.00 waktu setempat. Tempat vaksinasi itu mulai beroperasi tanggal 11 Januari.
  • Hanya satu wali/orang tua yang dapat menemani anak-anak mereka melakukan vaksinasi.

Adanya kasus Covid Singapura membuat pemerintah setempat membatasi kegiatan masyarakat. Simak halaman lengkapnya di halaman selanjutnya.