1 Tersangka Ditangkap terkait Kebakaran Gedung Parlemen Afrika Selatan

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 03 Jan 2022 12:59 WIB
Smoke billows from the roof of a building at the South African Parliament precinct in Cape Town on January 2, 2022, during a fire incident. (Photo by Marco Longari / AFP)
Asap mengepul dari atap gedung parlemen Afrika Selatan yang dilanda kebakaran (AFP/MARCO LONGARI)
Cape Town -

Kepolisian Afrika Selatan (Afsel) menangkap seorang tersangka terkait kebakaran yang menghanguskan sebagian besar gedung parlemen di negara itu. Para petugas pemadam kebakaran terus berjuang untuk mengendalikan kobaran api sepenuhnya sejak api terdeteksi pada Minggu (2/1) waktu setempat.

Seperti dilansir AFP, Senin (3/1/2022), kepolisian setempat mengumumkan bahwa seorang pria telah ditangkap terkait kebakaran tersebut. Identitas tersangka tidak diungkap ke publik, hanya disebutkan bahwa dia akan dihadirkan dalam persidangan pada pekan ini juga.

"Seorang pria telah ditangkap di dalam parlemen, dia masih diinterogasi. Kami telah membuka penyelidikan kasus kriminal," tutur juru bicara Kepolisian Afsel, Thando Mbambo, dalam pernyataannya pada Minggu (2/1) waktu setempat.

"Dia telah ditangkap dan akan hadir dalam persidangan pada Selasa (4/1) waktu setempat," imbuhnya.

Tidak disebutkan lebih lanjut soal tuduhan yang akan dijeratkan terhadap pria tersebut dan kaitannya dengan kebakaran.

Kebakaran besar itu dilaporkan terjadi pada Minggu (2/1) mulai pukul 03.00 GMT, di area sayap tertua kompleks gedung Dewan Nasional Afsel di Cape Town, sebelum menyebar ke area terbaru yang kini digunakan para anggota parlemen Afsel.

Area tertua pada kompleks gedung parlemen Afsel itu selesai dibangun tahun 1884 silam dan dilaporkan memiliki banyak ruangan berpanel kayu. Area bersejarah itu juga diketahui menjadi tempat penyimpanan koleksi buku langka dan salinan asli dari lagu kebangsaan nasional yang digunakan selama era apartheid.

Tonton video 'Gedung Parlemen Afrika Selatan Terbakar':

[Gambas:Video 20detik]