Gedung Parlemen Afrika Selatan Kebakaran!

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 02 Jan 2022 15:08 WIB
Smoke billows from the roof of a building at the South African Parliament precinct in Cape Town on January 2, 2022, during a fire incident. - A major fire broke out in the South African parliament building in Cape Town on January 2, 2022.
Firefighters were present at the building as large flames and a huge column of smoke were seen at around 0530 GMT. (Photo by RODGER BOSCH / AFP)
Gedung parlemen Afrika Selatan yang berada di Cape Town dilalap api (Foto: AFP/RODGER BOSCH)
Jakarta -

Gedung parlemen Afrika Selatan yang berada di Cape Town dilalap api. Kebakaran terjadi pada Minggu waktu setempat.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Minggu (2/1/2022) api dan asap hitam pekat terlihat di lokasi kebakaran sekitar pukul 0530 GMT waktu setempat. Petugas pemadam kebakaran datang dan tengah berusaha memadamkan api.

"Atapnya terbakar dan gedung Majelis Nasional juga terbakar," kata juru bicara layanan darurat kota kepada AFP, yang meminta bala bantuan di tempat kejadian.

"Api tidak terkendali dan retakan di dinding bangunan telah dilaporkan," tambahnya.

Sejumlah foto yang beredar di media sosial - tidak diverifikasi oleh AFP - menunjukkan api menguasai lantai 3 Gedung Parlemen Afrika Selatan.

"Api berada di lantai tiga gedung itu dan laporan awal mengindikasikan bahwa api bermula dari ruang kantor dan menyebar ke ruang gym," kata Jean-Pierre Smith, anggota komite Wali Kota Cape Town yang bertanggung jawab atas keselamatan dan keamanan.

Smith mengatakan ada enam kendaraan pemadam kebakaran dan sekitar 36 petugas yang ada di lokasi.

Hingga kini belum ada indikasi apapun terkait pemicu kebakaran di Gedung Parlemen tersebut.

Diketahui Gedung Parlemen yang berada di Cape Town terdiri dari tiga bagian, termasuk bangunan asli dan tertua yang selesai dibangun pada tahun 1884.

Di komplek gedung parlemen kemudian dibangun gedung Majelis Nasional, yang dibangun pada 1920-an dan 1980-an.

Pada bulan April tahun lalu, kebakaran melanda bagian perpustakaan Universitas Cape Town yang menyimpan koleksi arsip Afrika yang unik.

(izt/dhn)