Harapan Tahun Baru Dirjen WHO: Pandemi Corona Berakhir di 2022

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 01 Jan 2022 08:55 WIB
Tedros Adhanom Ghebreyesus, Director General of the World Health Organization (WHO), addresses a press conference about the update on COVID-19 at the World Health Organization headquarters in Geneva, Switzerland, Monday, Feb. 24, 2020. (Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP)
Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus (dok. Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP)
Jenewa -

Direktur Jenderal (Dirjen) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyampaikan harapannya untuk Tahun Baru ini. Tedros berharap agar pandemi virus Corona (COVID-19) bisa berakhir di tahun 2022.

Seperti dilansir CNN, Sabtu (1/1/2022), Tedros menyatakan bahwa dunia saat ini memiliki 'alat untuk mengakhiri bencana ini' meskipun lonjakan kasus Corona mencetak rekor tertinggi di berbagai negara.

Namun Tedros juga mengingatkan bahwa 'semakin lama kesenjangan berlanjut, semakin lama pandemi akan berlangsung'.

Dua tahun berlalu, alat yang tersedia untuk melawan COVID-19 masih saja disalurkan secara tidak merata ke seluruh dunia. Di Afrika, dilaporkan tiga dari empat tenaga kesehatan (nakes) belum mendapatkan vaksinasi, sedangkan orang-orang di Eropa dan Amerika Serikat (AS) sudah menerima dosis ketiga atau booster.

Kesenjangan semacam itu, menurut Tedros, semakin meningkatkan peluang bagi munculnya varian-varian baru Corona. "Mengunci kita ke dalam siklus kehilangan, kesulitan dan pembatasan," ucapnya mengingatkan.

"Jika kita mengakhiri kesenjangan, kita mengakhiri pandemi dan mengakhiri mimpi buruk global yang kita semua alami. Dan ini dimungkinkan," tegas Tedros.

Sebagai bagian dari resolusi Tahun Baru, Tedros menyatakan dirinya akan bekerja sama dengan pemerintah berbagai negara untuk memprioritaskan penyaluran vaksin Corona kepada inisiatif global, seperti COVAX dan AVAT.

Simak Video 'Dirjen WHO: 2022 Harus Jadi Tahun Kita Akhiri Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]