Tragis! Pria AS Tembak Mati Putrinya yang Keliru Dikira Penyusup

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 16:08 WIB
Ilustrasi: pembunuhan, mayat, bunuh diri, garis polisi, police line
Ilustrasi (dok. Thinkstock)
Ohio -

Seorang pria di Ohio, Amerika Serikat (AS), tidak sengaja menembak mati anak perempuannya yang berusia 16 tahun. Penembakan terjadi setelah pria itu keliru mengira anaknya sebagai seorang penyusup yang hendak masuk ke rumahnya.

Seperti dilansir AFP, Jumat (31/12/2021), kematian Janae Hairston menambah panjang daftar korban kekerasan bersenjata di AS sepanjang tahun ini.

Ibunda korban menghubungi layanan darurat pada Rabu (29/12) dini hari, sekitar pukul 04.30 waktu setempat, untuk melaporkan putrinya tergeletak di lantai garasi mereka, setelah ditembak secara tidak sengaja oleh ayahnya. Sang ibunda menyebut korban ditembak setelah keliru dikira penyusup.

Menurut laporan surat kabar setempat, The Columbus Dispatch, yang mendapatkan rekaman panggilan darurat itu, orang tua korban terdengar panik memohon putri mereka untuk bangun.

Petugas darurat tiba di lokasi beberapa menit kemudian dan membawa korban ke rumah sakit setempat, di mana korban dinyatakan meninggal dunia pukul 05.42 waktu setempat.

"Kami merasa sedih atas kehilangan tragis ini dan akan melakukan segala upaya untuk membantu para siswa lainnya dan keluarga mereka untuk mengatasinya," demikian pernyataan otoritas distrik sekolah tempat Hairston belajar, dalam pesan kepada orang tua murid.

Sejak awal pandemi virus Corona (COVID-19), tindak kekerasan bersenjata dilaporkan meningkat tajam di AS, di mana hak kepemilikan senjata api menjadi perdebatan panas, namun sebagian besar dilindungi oleh konstitusi negara tersebut.

Menurut situs Gun Violence Archive, lebih dari 44.000 orang tewas dalam serentetan insiden bersenjata di AS sepanjang tahun, termasuk aksi bunuh diri. Dari angka tersebut, sekitar 1.517 orang di antaranya merupakan anak di bawah umur.

(nvc/haf)