Bahas Ukraina via Telepon, Biden Akan Tawarkan Jalur Diplomatik ke Putin

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 30 Des 2021 15:57 WIB
FILE - President Joe Biden meets with Russian President Vladimir Putin, June 16, 2021, in Geneva, Switzerland. Biden and Putin are scheduled to speak Thursday, Dec. 30, as the Russian leader has stepped up his demands for security guarantees in Eastern Europe. (AP Photo/Patrick Semansky, File)
Joe Biden dan Vladimir Putin saat bertemu di Jenewa pada Juni lalu (AP Photo/Patrick Semansky, File)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, akan berbicara via telepon dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, untuk membahas krisis Ukraina. Dalam percakapan telepon itu, Biden dilaporkan akan menawarkan jalur diplomatik untuk menyelesaikan krisis yang memicu ketegangan antara Rusia dengan negara-negara Barat.

Seperti dilansir AFP, Kamis (30/12/2021), percakapan telepon antara Biden dan Putin itu akan digelar pada Kamis (30/12) waktu setempat, sebelum keduanya menggelar pembicaraan soal isu-isu keamanan bulan depan.

Percakapan telepon kedua kepala negara itu akan menjadi yang kedua dalam kurang dari sebulan. Awal Desember lalu, Biden memperingatkan Putin bahwa akan ada 'konsekuensi parah' jika tentara Rusia melancarkan serangan ke perbatasan Ukraina.

Diungkapkan seorang pejabat senior pemerintahan Biden kepada wartawan bahwa Biden akan menyatakan kepada Putin bahwa AS mempersiapkan jalur diplomatik untuk menyelesaikan krisis Ukraina.

"Kami bersiap untuk diplomasi dan untuk jalur diplomatik ke depan," ucap Biden ke Putin nanti, seperti dikutip pejabat senior AS yang enggan disebut namanya.

"Tapi kami juga bersiap untuk merespons jika Rusia melanjutkan invasi ke Ukraina," imbuh Biden kepada Putin, menurut pejabat senior AS itu.

Ditambahkan juga oleh pejabat senior itu bahwa Biden akan menyatakan bahwa AS 'terus sangat prihatin' dengan kehadiran pasukan militer Rusia di dekat perbatasan Ukraina. Disebutkan juga bahwa Biden akan menegaskan bahwa AS 'ingin melihat kembalinya pasukan ke area latihan reguler mereka'.