Menyusup Ke Kediaman Ratu Inggris, Pria Bersenjata Ditahan

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 26 Des 2021 14:32 WIB
Mengintip Kemegahan Kastil Windsor Kediaman Raja-raja Inggris
Kastil Windsor di Inggris (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Kastil Windsor, kediaman Ratu Inggris, geger usai seorang pria menyusup ke halamannya saat Natal. Polisi berhasil menangkap dan menahan pria tersebut lantaran dicurigai memiliki senjata ofensif.

Seperti dilansir Reuters, Minggu (26/12/2021) Kepolisian Thames Valey mengatakan bahwa pria berusia 19 tahun asal Southampton ini belum sempat memasuki Kastil Windsor dan baru berada di halaman pada Sabtu (25/12) sekitar pukul 08.30 waktu setempat.

Aksi penyusupan terjadi saat Ratu Elizabeth bersama putranya Pangeran Charles, Istrinya Camilla, dan keluarga dekat lainnya sedang merayakan Natal di Kastil Windsor.

"Pria itu telah ditangkap karena dicurigai melanggar atau masuk tanpa izin ke situs yang dilindungi dan memiliki senjata ofensif," kata Inspektur Polisi Lembah Thames, Rebecca Mears.

Rebecca Mears juga menyampaikan bahwa anggota keluarga kerajaan telah diberitahu tentang insiden itu. Polisi meyakinkan bahwa tidak ada ancaman lebih luas akibat penyusupan yang terjadi.

Diketahui Charles, Camilla, dan anggota keluarga kerajaan lainnya terlihat di pagi hari untuk mengikuti kebaktian Natal di Gereja Kapel St George, yang berada di dalam kompleks Kastil Windsor.

Sejauh ini tidak ada informasi bahwa penyusupan yang terjadi mengganggu kegiatan perayaan Natal keluarga kerajaan.

Kasus pelanggaran keamanan di kediaman kerajaan Inggris jarang terjadi. Selama Ratu Elizabeth II berkuasa, kasus terparah terjadi pada 1982 di mana ada seorang penyusup memanjat dinding untuk memasuki Istana Buckingham, London. Penyusup itu berjalan ke sebuah ruangan yang di mana Ratu sedang tertidur.

Pada tahun 2016, seorang pria, yang diyakini akan melakukan pembunuhan, memanjat tembok pembatas di Istana Buckingham dan menanyakan di mana keberadaan Ratu.

Diketahui keluarga kerajaan Inggris biasanya menghabiskan Natal di perkebunan Sandringham. Namun sejak 2020 lalu, saat pandemi, keluarga kerajaan menghabiskan momen Natal di Kastil Windsor.

Pada Hari Natal tahun ini, Ratu tak tampil di depan umum. Dia berbicara melalui rekaman video kepada rakyat Inggris. Ratu menceritakan bahwa dirinya kehilangan suaminya, Pangeran Philip, yang meninggal pada April lalu dalam usia 99 tahun. Pasangan itu diketahui menjalani pernikahan selama 73 tahun lamanya.

(izt/knv)