Pertama Dalam 30 Tahun, Gereja St Luke di Kashmir Adakan Misa Natal

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 26 Des 2021 13:30 WIB
Pertama Dalam 30 Tahun, Gereja St Luke di Kashmir Adakan Misa Natal
Pertama Dalam 30 Tahun, Gereja St Luke di Kashmir Adakan Misa Natal (Foto: Twitter/ Letnan Gubernur Jammu dan Kashmir Manoj Sinha)
Kashmir -

Untuk pertama kalinya dalam 30 tahun terakhir, sebuah gereja tertua di Kashmir, India mengadakan misa Natal. Misa Natal kembali diadakan setelah gereja dibuka kembali untuk umum awal pekan ini.

Seperti dilansir Arab News, Minggu (26/12/2021), Gereja St. Luke ini diketahui telah berusia 125 tahun. Misa diadakan di Gereja tepat pada hari Natal, Sabtu 25 Desember 2021 waktu setempat.

Kabar dibukanya kembali gereja itu muncul di tengah laporan media tentang penganiayaan yang meluas terhadap komunitas Kristen.

Sebelumnya, kantor berita The New York Times telah melaporkan warga anti-Kristen yang melakukan pembersihan desa-desa dan gereja-gereja, serta membakar literatur Kristen, menyerang sekolah dan menyerang jemaat.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah di Kashmir karena merenovasi dan memulihkan gereja," kata Pendeta Eric Tarsem kepada Arab News.

"Kami sebagai seluruh masyarakat sangat senang. Ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan." lanjutnya.

Batu fondasi Gereja St. Luke, yang terletak di daerah Dalgate di kota Srinagar, diletakkan oleh Earnest dan Arthur Neve pada 12 September 1896. Kedua orang itu adalah yang pertama memperkenalkan pengobatan modern di Kashmir dan vaksinasi untuk kolera dan cacar pada akhir abad ke-19. Mereka juga mendirikan Rumah Sakit Misi Kashmir pada tahun 1888.

Pada awal 1990an, gereja ditutup saat terjadi pemberontakan bersenjata melawan pemerintahan New Delhi di Kashmir.

Kemudian pada 2016, umat Kristen di wilayah tersebut telah menuntut restorasi gereja. Pekerjaan renovasi dimulai pada 2019 oleh Departemen Pariwisata Jammu dan Kashmir, dan menelan biaya sekitar $80.000 (Rp 1,135 Miliar).

Simak juga video 'Ini Aturan yang Harus Diikuti Jemaat Misa Natal di Katedral Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]