32 Orang Tewas dalam Insiden Kapal Feri Terbakar di Bangladesh

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 24 Des 2021 12:48 WIB
Ilustrasi kapal feri
Ilustrasi (dok. AFP)
Dhaka -

Kapal feri yang dipenuhi penumpang mengalami kebakaran saat berlayar di tengah sungai di wilayah Bangladesh bagian selatan. Sedikitnya 32 orang tewas dalam insiden tersebut.

Seperti dilansir AFP, Jumat (24/12/2021), insiden itu terjadi di dekat kota pinggiran Jhalokathi, yang berjarak 250 kilometer sebelah selatan ibu kota Dhaka, pada Jumat (24/12) pagi waktu setempat. Kapal feri itu dilaporkan mengangkut sekitar 500 orang saat kebakaran terjadi.

"(Kapal feri) Obhijan 10 yang memiliki tiga tingkat terbakar di tengah sungai. Kami menemukan 32 jenazah. Jumlah korban tewas mungkin bertambah," tutur kepala kepolisian setempat, Moinul Islam, kepada AFP.

"Sebagian besar meninggal akibat kebakaran dan beberapa tenggelam setelah mereka melompat ke sungai," imbuhnya.

Lebih lanjut, Moinul Islam menyebut sumber api diyakini berasal dari ruang mesin dan kemudian melalap kapal feri yang dipenuhi penumpang yang baru kembali dari Dhaka.

"Kami mengirimkan sekitar 100 orang dengan luka bakar ke sejumlah rumah sakit di Barisal," ucapnya.

Insiden ini menjadi yang terbaru dari serangkaian insiden serupa yang melanda Bangladesh yang merupakan negara dataran rendah yang dilintasi sungai-sungai. Para pakar menyalahkan pemeliharaan yang buruk, kurangnya standar keselamatan dan terlalu padatnya penumpang.

Kebakaran juga sering menjadi sumber tragedi di negara tersebut. Pada Juli lalu, sedikitnya 52 orang tewas dalam kebakaran yang melanda pabrik makanan dan minuman di Rupganj, kota industri di luar Dhaka.

(nvc/idh)