ADVERTISEMENT

Tentara Suriah Tewas Akibat Serangan Rudal Israel

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 16 Des 2021 09:44 WIB
Gaza kembali memanas. Israel membalas serangan balon api yang dilontarkan Hamas dengan serbuan jet tempur.
ilustrasi (Foto: AFP)
Jakarta -

Seorang tentara Suriah tewas dalam serangan rudal yang dilancarkan Israel dari Dataran Tinggi Golan ke Suriah selatan pada Kamis (16/12) dini hari waktu setempat.

"Sekitar pukul 00:50, musuh Israel melakukan serangan udara dengan beberapa rudal ke arah Golan Suriah yang diduduki dan menargetkan beberapa posisi di selatan," kata sumber militer Suriah yang dikutip media pemerintah Suriah, SANA seperti diberitakan kantor berita AFP, Kamis (16/12/2021).

Sumber tersebut menambahkan bahwa pertahanan udara Suriah berhasil "menembak jatuh sebagian besar rudal". Dikatakannya, "agresi tersebut menyebabkan kematian seorang tentara dan kerusakan material".

Sebelumnya pada awal Desember tahun lalu, Israel melakukan serangan rudal terhadap pengiriman senjata Iran di pelabuhan Latakia, Suriah barat, tanpa menimbulkan korban.

Pada akhir November, tiga tentara dan dua petempur Suriah yang berafiliasi dengan kelompok Syiah Lebanon, Hizbullah tewas dalam serangan Israel, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, sebuah kelompok pemantau yang berbasis di Inggris dengan jaringan luas sumber-sumber di Suriah.

Sejak perang saudara pecah di Suriah pada 2011, Israel telah melakukan ratusan serangan udara di wilayah Suriah, menargetkan posisi pemerintah serta pasukan sekutu yang didukung Iran dan kelompok Hizbullah.

Seorang juru bicara militer Israel menolak mengomentari laporan tersebut.

Tetapi Israel telah berulang kali mengatakan tidak akan membiarkan musuh bebuyutannya, Iran untuk memperluas jejaknya di Suriah.

Konflik di Suriah telah menewaskan hampir 500.000 orang sejak meletus pada 2011, yang dimulai dengan penindasan brutal terhadap demonstrasi damai.

Simak juga 'Serangan Udara Israel Hantam Pelabuhan Suriah':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT