Rombongannya Positif COVID-19, Menlu AS Akhiri Kunker di Asia Tenggara

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 15 Des 2021 21:04 WIB
Menlu AS Blinken Ajak Sekutu NATO Lawan Perilaku Agresif Cina
Antony Blinken )Foto: DW (News)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mempersingkat kunjungan kerjanya di Asia Tenggara. Keputusan itu diambil pasca salah satu jurnalis yang ikut dalam rombongannya terpapar virus Corona (COVID-19).

Dilansir AFP, Rabu (15/12/2021), diplomat AS itu sejatinya dijadwalkan bertemu dengan pejabat Thailand di Bangkok Kamis besok, 16 Desember 2021, usai mengunjungi Indonesia dan Malaysia. Namun, kunjungan ke itu terpaksa dibatalkan.

"Menlu akan kembali ke Washington DC, karena sangat berhati-hati," kata juru bicara Blinken kepada menteri luar negeri Thailand Don Pramudwinai.

Sebagai informasi, jurnalis AS yang ikut dalam rombongan Blinken dinyatakan positif COVID-19 setelah tiba di Malaysia dari Indonesia. Jurnalis tersebut langsung dikarantina dan tidak berpartisipasi dalam agenda Antony Blinken di Kuala Lumpur.

Juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan kepada wartawan yang bepergian dengan Blinken bahwa keputusan untuk mengakhiri tur diambil untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19. Selain itu juga untuk memprioritaskan kesehatan dan keselamatan rombongan perjalanan AS dan orang-orang yang akan mereka temui.

Kedutaan Besar AS di Jakarta mengatakan di Twitter bahwa semua rombongan telah dites negatif di Indonesia.

Pesawat Blinken rencananya hanya akan melakukan persinggahan teknis singkat di Thailand, tanpa agenda pembicaraan resmi. Dia kemudian akan kembali ke Amerika Serikat.

Kunker Blinken ditujukan untuk menantang China yang semakin tegas dan membangun kembali pengaruh AS di Asia setelah turbulensi dan ketidakpastian era Donald Trump.

Dia memulai perjalanan di Jakarta di mana dia bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Blinken kemudian melakukan konferensi pers bersama hari ini dengan Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah di Kuala Lumpur.

Sebelum tiba di Indonesia, Antony Blinken mengikuti pertemuan para menteri luar negeri G7 di Inggris yang didominasi ketegangan dengan Rusia.

Dia awalnya akan berhenti di Hawaii dalam perjalanan kembali ke Amerika Serikat.

Simak juga Video: Angka Kematian Covid-19 di AS Tembus 800 Ribu Jiwa

[Gambas:Video 20detik]



(mae/lir)