Mahfud Teken MoU Kerja Sama Keamanan Informasi Internasional dengan Rusia

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 14 Des 2021 14:30 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md bersama Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia, Nikolay Patrushev
Menko Polhukam Mahfud Md bersama Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia, Nikolay Patrushev (Dok. Istimewa)
Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md bertemu dengan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia, Nikolay Patrushev. Keduanya membahas kerja sama bidang politik hukum dan keamanan antarnegara.

Keduanya bertemu dan memimpin acara Konsultasi Bilateral ke-6 di Hotel Pullman Jakarta, Selasa (14/12/2021). Konsultasi ini merupakan salah satu mekanisme berkala kedua negara.

"Hubungan kerja sama saling menguntungkan antara kedua negara di berbagai bidang, terutama bidang politik, hukum, dan keamanan terus berkembang. Hal ini sesuai dengan keinginan kuat kedua negara untuk memperkuat kerja sama serta komitmen atas perdamaian dan stabilitas kawasan dan global, yang tertuang dalam draft dokumen Deklarasi Kemitraan Strategis," kata Mahfud dalam keterangan tertulis, Selasa (14/12).

Konsultasi tersebut membahas berbagai situasi politik dan keamanan yang menyangkut hubungan bilateral kedua negara. Tak luput terkait situasi dan perkembangan regional dan internasional yang juga menjadi perhatian.

Di tingkat bilateral, kedua pihak mendorong kesepakatan deklarasi kemitraan strategis Indonesia-Rusia, perjanjian ekstradisi dan perjanjian rezim visa. Kesepakatan utama ini diharapkan dapat ditandatangani kedua Kepala Negara pada 2022.

Kedua pihak juga menyambut baik proses ratifikasi Mutual Legal Assistance oleh kedua negara. Pada tataran regional dan global, Indonesia dan Rusia mencatat situasi dunia yang tengah menghadapi ancaman instabilitas dan keamanan seperti peningkatan ketegangan di kawasan, tindak terorisme, penyelundupan obat terlarang, dan kejahatan lintas batas lainnya.

Masalah kemanusiaan di Myanmar dan Afghanistan juga menjadi perhatian kedua pihak. Di akhir Konsultasi Bilateral ke-6 ini, Menko Polhukam dan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia, menandatangani Perjanjian Kerja Sama Bilateral di bidang Keamanan Informasi Internasional.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia, Nikolay P Patrushev, di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan prioritas Indonesia dalam presidensi G20.

Informasi itu disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi seperti dalam keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Senin (13/12). Retno mengatakan, sebelum menerima kunjungan kehormatan tersebut, Jokowi juga menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat, Anthony J Blinken.

"Presiden juga menerima kunjungan kehormatan Sekretaris Nikolay Patrushev. Presiden kembali menyampaikan prioritas Indonesia di dalam keketuaannya di G20 dan mengharapkan dukungan Rusia," ujar Menlu Retno.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan bahwa pada 2023 Indonesia akan memegang keketuaan ASEAN. Untuk itu, Jokowi mengharapkan kerja sama dengan Rusia selama keketuaan Indonesia di ASEAN. (dek/eva)