Korban Tewas Akibat Tornado di Kentucky AS Jadi 70 Orang

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 12 Des 2021 04:56 WIB
Ilustrasi Tornado (worldbulletin.net)
Ilustrasi (Foto: worldbulletin.net)
AS -

Tornado dahsyat melanda lima negara bagian Amerika Seikat (AS) semalam dan menyebabkan lebih dari 70 orang tewas di Kentucky. Mayoritas mereka adalah pekerja di pabrik lilin.

Kota Mayfield di Kentucky barat direduksi menjadi "batang korek api," kata walikotanya.

Kota kecil berpenduduk 10.000 orang itu muncul pasca-apokaliptik dalam rekaman drone yang diposting oleh pemburu badai Brandon Clement: blok-blok kota diratakan, dengan hampir tidak ada yang bisa diselamatkan.

Rumah-rumah dan gedung-gedung bersejarah hancur, batang pohon tercabut dari cabangnya, dan mobil terbalik di ladang.

"Ini tak terlukiskan -- tingkat kehancuran tidak seperti apa pun yang pernah saya lihat," kata Gubernur Kentucky Andy Beshear setelah bergegas ke Mayfield, seperti dilansir dari AFP, Minggu (12/12/2021).

"Saya yakin ini akan menjadi sistem tornado paling mematikan yang pernah melintasi Kentucky," lanjutnya.

Beshear mengatakan jelas bahwa jumlah korban tewas di negara bagiannya sudah "di utara 70" dan bisa berakhir "melebihi 100 sebelum hari itu selesai."

Mengacu pada pabrik lilin, di mana atap runtuh, dia berkata: "Kami akan kehilangan banyak nyawa di fasilitas itu. Ini situasi yang sangat mengerikan."

Dilaporkan terpisah, media CNN memutar rekaman yang menyayat hati dari permohonan mendesak yang diposting di Facebook oleh salah satu karyawan pabrik.

"Kami terjebak, tolong, tolong bantu kami," kata seorang wanita, suaranya bergetar saat rekan kerja terdengar mengerang di latar belakang. "Kami berada di pabrik lilin di Mayfield. ... Tolong, kalian semua. Doakan kami."

Wanita itu, Kyanna Parsons-Perez, diselamatkan setelah terjepit di bawah air mancur.

Tetapi Walikota Mayfield Kathy O'Nan mengatakan kepada CNN pada sore hari bahwa tidak ada penyelamatan yang berhasil dari pabrik sejak pukul 03:00, menambah kekhawatiran jumlah korban tewas akan meningkat.

"Ketika saya keluar dari Balai Kota pagi ini, itu -- terlihat seperti korek api," katanya tentang Mayfield.

"Gereja-gereja pusat kota kami telah dihancurkan, gedung pengadilan kami ... hancur, sistem air kami tidak berfungsi saat ini, tidak ada listrik."

"Sepertinya sebuah bom meledak di komunitas kami," kata warga Mayfield berusia 31 tahun Alex Goodman kepada AFP. "Kekuatan angin dan hujan sangat luar biasa."

Tornado yang menerjang Mayfield telah bergemuruh di tanah sejauh lebih dari 200 mil di Kentucky dan sejauh 227 mil secara keseluruhan, kata Beshear.

Sebelumnya, tornado AS terpanjang yang pernah dilacak di sepanjang tanah adalah badai 219 mil di Missouri pada tahun 1925. Kuat dan menghancurkan - seperti badai jalur panjang cenderung - merenggut 695 nyawa.

Dalam satu ukuran kekuatan dahsyat badai ini, ketika angin menggelincirkan 27 gerbong kereta di dekat Earlington, Kentucky, satu gerbong tertiup 75 yard ke atas bukit, dan satu lagi mendarat di sebuah rumah, meskipun tidak ada yang terluka.

Simak juga Video: Detik-detik Tornado Mengamuk di Texas AS, Pohon-Mobil Terlempar!

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)