Manuver Israel Bikin 'Tembok Besi' di Gaza dengan Sensor Tersembunyi

Haris Fadhil - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 04:53 WIB
Israel pada Selasa, (7/12/2021), mengumumkan penyelesaian peningkatan keamanan di sekitar Jalur Gaza yang dirancang untuk mencegah gerilyawan menyelinap ke negara itu. (AP Photo/Tsafrir Abayov)
Tembok canggih Israel (Foto: AP/Tsafrir Abayov)
Tel Aviv -

Israel membangun tembok canggih di perbatasan dengan Gaza, Palestina. Ada sensor tersembunyi di sepanjang tembok itu.

Tembok pembatas di sepanjang perbatasan Gaza itu telah selesai dibangun. Pembatas yang disebut sebagai 'tembok besi' itu dilengkapi sensor bawah tanah, radar dan kamera untuk menangkal ancaman-ancaman.

Tembok ini merupakan bagian dari cara Israel mempertahankan blokade terhadap Gaza yang dilakukan sejak 2007. Saat itu, kelompok Hamas mengambil alih kekuasaan atas wilayah Gaza. Blokade Israel membatasi aliran barang dan orang yang keluar-masuk wilayah Gaza yang dihuni 2 juta jiwa.

Dilansir dari AFP, Rabu (8/12/2021), Kementerian Pertahanan Israel pembatas sepanjang 65 kilometer itu telah selesai dibangun. Proses pembangunannya memakan waktu 3,5 tahun.

Pembatas itu mencakup 'pembatas bawah tanah dengan sensor', pagar cerdas setinggi 6 meter, radar, kamera dan sistem pemantauan maritim. Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz mengatakan struktur pembatas itu 'menempatkan tembok besi antara organisasi teror (Hamas-red) dan para penduduk (Israel bagian selatan)'.

Dalam konflik terbaru antara Israel dan Hamas pada Mei lalu, kelompok militan Palestina itu meluncurkan ribuan roket ke arah Israel. Militer Israel kemudian melakukan ratusan serangan udara ke Gaza.

Lebih dari 240 orang dilaporkan tewas di Gaza. Sementara, korban jiwa di pihak Israel berjumlah 12 orang dalam pertempuran selama 11 hari.

Israel juga memperingatkan bahwa warganya terhadap ancaman tambahan dari Hamas yang disebutnya berupaya menyusup ke wilayah Israel melalui terowongan bawah tanah di Gaza.

Gantz bersumpah 'pembatas ini akan memberikan rasa aman kepada warga Israel'. Otoritas Israel menegaskan blokade Gaza diperlukan untuk menangkal ancaman Hamas.

Namun, para pengkritik menyalahkan blokade itu sebagai pemicu kondisi kemanusiaan mengerikan di wilayah tersebut. Selain di perbatasan Gaza, Israel juga membangun pembatas keamanan di sepanjang wilayahnya yang berhubungan dengan Tepi Barat yang mereka duduki sejak perang tahun 1967.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Serangan Udara Israel Hantam Pelabuhan Suriah':

[Gambas:Video 20detik]