Berhenti di Tengah Rel untuk Beli Yoghurt, Masinis Ini Diskors

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 15:21 WIB
ilustrasi kereta
ilustrasi (Foto: (iStock))
Jakarta -

Seorang masinis kereta api antar kota di Pakistan telah diskors setelah dia berhenti di luar jadwal untuk mengambil beberapa yoghurt.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Rabu (8/12/2021), dalam sebuah video yang beredar di media sosial, asisten masinis tersebut terlihat mengambil yoghurt dari warung pinggir jalan sebelum naik kembali ke gerbong.

Insiden pada hari Senin (6/12) tersebut menimbulkan pertanyaan tentang keselamatan dan peraturan perkeretaapian di Pakistan, di mana kecelakaan sering terjadi karena salah urus dan kelalaian.

"Ketika Anda menghentikan kereta di tengah (rel) itu menjadi masalah keamanan. Keselamatan adalah prioritas kami. Kami tidak dapat mentolerir apa pun yang membahayakan keselamatan," kata Syed Ijaz-ul-Hassan Shah, juru bicara Kementerian Perkeretaapian kepada AFP pada Rabu (8/12).

Saat itu, kereta penumpang tersebut telah memulai perjalanannya dari kota Lahore, Pakistan timur menuju kota Karachi, Pakistan selatan.

Dalam sebuah pernyataan, Menteri Perkeretaapian Pakistan, Azam Khan Swati, memperingatkan bahwa dia tidak akan "mengizinkan siapa pun menggunakan aset nasional untuk keperluan pribadi".

Seorang pejabat kereta api mengakui kepada AFP bahwa insiden seperti itu tidak jarang terjadi di Pakistan, dan pengawasan sering kali kurang.

Sebelumnya pada Juni lalu, lebih dari 60 orang tewas ketika sebuah kereta api yang melaju melalui lahan pertanian menabrak gerbong kereta lain yang tergelincir beberapa menit sebelumnya.

(ita/ita)