Heboh Anggota Kongres AS-Keluarganya Pamer Senapan Usai Penembakan Sekolah

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 06 Des 2021 13:22 WIB
The U.S. Capitol is seen between flags placed on the National Mall ahead of the inauguration of President-elect Joe Biden and Vice President-elect Kamala Harris, Monday, Jan. 18, 2021, in Washington.
Ilustrasi (dok. AP/Alex Brandon)
Washington DC -

Seorang anggota Kongres Amerika Serikat (AS) dikecam karena memposting foto keluarganya sedang tersenyum dan memegang senjata api di depan pohon Natal. Foto itu diposting ke media sosial hanya beberapa hari setelah penembakan brutal di sebuah sekolah di Michigan yang mengguncang AS.

Seperti dilansir AFP, Senin (6/12/2021), Thomas Massie yang merupakan anggota Kongres AS dari Partai Republik mewakili negara bagian Kentucky, memposting foto dirinya bersama enam anggota keluarga, yang semuanya tampak tersenyum ke kamera sambil mencengkeram senapan, pada Sabtu (4/12) waktu setempat.

"Selamat Natal! NB: Santa, tolong bawa amunisi," demikian bunyi keterangan foto tersebut.

Postingan itu memicu kecaman keras dari berbagai pihak, dengan para orang tua korban penembakan sekolah dan sesama anggota Kongres AS menuduh Massie tidak peka mengingat beberapa hari sebelumnya seorang remaja menembak mati empat teman sekolahnya di Oxford, Michigan.

"Memalukan," tulis anggota Kongres AS dari Partai Demokrat, John Yarmuth, yang juga mewakili negara bagian Kentucky.

Yarmuth menyebut pesan semacam itu dari Republikan yang pro-senjata hanya 'secara terbuka mengingatkan pembunuhan anak-anak seperti mencetak skor'.

Anggota Kongres AS lainnya dari Partai Republik, Adam Kinzinger, yang mewakili negara bagian Illinois turut mengkritik Massie. Kinzinger mengakui mendukung hak kepemilikan senjata api di AS, tapi menegaskan bahwa 'ini bukan mendukung hak untuk menyimpan dan memanggul senjata, ini merupakan fetish senjata'.