Jarang Terjadi! Orang Tua Siswa AS Penembak Mati 4 Orang Didakwa Pembunuhan

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 12:13 WIB
Penembakan maut terjadi di sebuah sekolah di pedesaan Oxford, Michigan, Amerika Serikat. Akibatnya 3 siswa tewas dan 6 lainnya, termasuk seorang guru, terluka, Selasa, (30/11). (AP Photo/Paul Sancya)
Lokasi penembakan brutal di Michigan, AS (dok. AP/Paul Sancya)
Washington DC -

Dalam langkah tergolong langka oleh penegak hukum di Amerika Serikat (AS), orang tua dari seorang remaja berusia 15 tahun yang menembak mati empat teman sekolahnya di Michigan dijerat dakwaan pembunuhan tidak disengaja. Pistol yang digunakan remaja itu dalam aksinya diketahui merupakan milik sang ayah.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (4/12/2021), James dan Jennifer Crumbley, orang tua dari Ethan Crumbley, masing-masing dijerat empat dakwaan pembunuhan tidak disengaja oleh jaksa setempat.

"Dakwaan-dakwaan ini dimaksudkan untuk meminta pertanggungjawaban individu-individu yang berkontribusi pada tragedi ini dan juga memberikan pesan bahwa para pemilik senjata juga memiliki tanggung jawab," terang jaksa Oakland County, Karen McDonald, dalam konferensi pers pada Jumat (3/12) waktu setempat.

"Sementara pelaku penembakan merupakan orang yang memasuki sekolah menengah dan menarik pelatuk, ada individu-individu lainnya yang berkontribusi pada peristiwa 30 November dan menjadi niat saya untuk meminta pertanggungjawaban mereka juga," imbuhnya.

Meskipun penembakan di sekolah yang dilakukan siswa cukup sering terjadi di AS, namun tergolong jarang bagi orang tua pelaku untuk ikut dijerat dakwaan.

James Crumbley, ayah dari Ethan, merupakan pemilik pistol semi-otomatis 9mm Sig Sauer yang digunakan anaknya dalam penembakan brutal pada 30 November lalu. Namun diketahui bahwa dia membelikan pistol itu untuk anaknya.

Pistol itu dibeli secara legal sekitar empat hari sebelum penembakan terjadi dan bahkan Ethan turut mendampingi saat James membeli pistol itu di toko senjata api setempat. Ethan juga memposting foto pistol itu pada akun Instagram-nya.

Empat siswa, yang berusia 14-17 tahun, tewas dalam penembakan brutal di Sekolah Menegah Oxford, Detroit bagian utara. Enam siswa lainnya serta seorang guru mengalami luka-luka.

Ethan sendiri telah didakwa atas pembunuhan dan dijerat dakwaan teror sebagai seorang warga dewasa.