Corona Menggila Bikin Jerman Cari Perawat Sampai ke India

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 23:15 WIB
Kekurangan Perawat, Jerman Kejar Tenaga Kesehatan Sampai ke India
ilustrasi Foto: DW (News)
Jakarta -

Kasus Corona di Jerman kembali meningkat. Hal ini membuat Jerman harus mencari perawat hingga ke India untuk bekerja di Jerman.

Upaya mendatangkan tenaga kesehatan dari negara bagian Kerala, India untuk bekerja di Jerman ini telah dilakukan Dinas tenaga kerja Jerman, Bundesagentur fuer Arbeit (BA), dengan melakukan perundingan dan persiapan selama satu tahun.

Perekrutan tenaga kesehatan ini akan dilakukan melalui program khusus "Triple Win". Program ini dilakukan oleh BA bersama-sama dengan lembaga kerjasama internasional Jerman, GIZ.

Dengan program "Triple Win", tenaga kerja yang direkrut akan mendapat izin kerja dan izin tinggal di Jerman lewat jalur cepat. Perekrutan tenaga kesehatan itu hanya dilakukan lewat program "Triple Win", tanpa melibatkan lembaga pengiriman tenaga kerja swasta, kata dinas tenaga kerja Jerman, BA.

Perjanjian akhirnya ditandatangani hari Kamis (02/12) oleh Direktur Internasional BA, Markus Biercher, dan Harikrishnan Namboothiri, Direktur Norka Roots, mitra kerja resmi BA di Kerala. Perjanjian ini ditandatangani setelah melewati pembicaraan selama satu tahun.

Mengisi kekosongan tenaga kerja kesehatan di Jerman, Simak halaman selanjutnya.