Bertambah, Total 8 Kasus Varian Omicron Kini Terkonfirmasi di AS

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 10:05 WIB
Mia Fontes, 15 shows the stickers she received after being inoculated with the second dose of the Pfizer COVID-19 vaccine, Thursday, July 22, 2021, at the American Museum of Natural History in New York. The museum moved their vaccination site from the Hall of Ocean Life where the famous 94-foot-long model of a blue whale is hanging from the ceiling to a smaller adjacent gallery. New York City is closing the big vaccination sites to focus on areas with low vaccination rates. (AP Photo/Mary Altaffer)
Ilustrasi (dok. AP Photo/Mary Altaffer)

Namun pria tersebut diketahui baru pulang dari menghadiri konvensi anime di New York City, yang digelar 19-21 November lalu. Pria tersebut mulai mengalami gejala-gejala pada 22 November dan menjalani tes Corona dua hari kemudian, sebelum akhirnya dinyatakan positif varian Omicron.

"Berita ini mengkhawatirkan, tapi tidak mengejutkan," ucap Gubernur Minnesota, Tim Walz, dalam pernyataannya.

Fakta bahwa pria asal Minnesota itu terinfeksi varian Omicron meskipun tidak bepergian ke luar negeri, mengisyaratkan bahwa varian Omicron telah menyebar di dalam wilayah AS. Para pakar epidemiologi setempat sudah memperkirakan itu, meskipun otoritas AS melarang masuk pelancong dari beberapa negara Afrika.

Wali Kota New York City, Bill de Blasio, dalam pernyataannya menyebut kasus varian Omicron di Minnesota itu berarti warga kota New York 'harus berasumsi adanya penyebaran di tengah masyarakat dari varian ini di kota kita'.

De Blasio menyatakan otoritas setempat tengah menghubungi orang-orang yang menghadiri konvensi anime yang sama di New York City, dan menyerukan agar siapa saja yang menghadiri acara itu 'harus segera dites'.

Sementara untuk di Colorado, seperti dilansir media lokal, kvia.com, otoritas kesehatan setempat mengumumkan varian Omicron terdeteksi pada seorang wanita yang baru pulang dari Afrika. Wanita itu disebut mengalami gejala-gejala ringan, dengan kontak dekatnya telah dites dan hasilnya negatif Corona.

Tujuh kasus baru varian Omicron itu diumumkan sepanjang Kamis (1/12) waktu setempat. Dengan ditambah kasus pertama yang terdeteksi di California pada seorang pelancong yang baru pulang dari Afrika Selatan, maka total sudah delapan kasus varian Omicron yang kini terkonfirmasi di wilayah AS.


(nvc/lir)