Ngeri Penambahan Kasus Corona di Afsel Usai Varian Omicron Terdeteksi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 20:43 WIB
Virus Corona varian Omicron tengah menjadi sorotan dunia. Varian ini diketahui pertama kali terdeteksi di benua Afrika, salah satunya Afrika Selatan.
Melacak Jejak Varian Omicron yang Pertama Kali Terdeteksi di Afrika (Foto: AP Photo)

Warga Afsel Antre Vaksin COVID

Setelah adanya varian Omicron, warga Afsel memenuhi gerai vaksinasi. Duta besar RI untuk Afrika Selatan, Salman Alfarisi dalam wawancara dengan wartawan BBC News Indonesia, Mohamad Susilo menceritakan hal tersebut.

"Warga di sini menanggapinya dengan hati-hati tapi tidak ada rush belanja kebutuhan sehari-hari, karena [status pandemi] tetap level satu [seperti sebelum penemuan Omicron]. Masih tetap tenang," ungkap Salman.

"Saya juga melihat di beberapa pusat vaksinasi, antrean cukup panjang," imbuh Salman.

Ia mengatakan saat ini pemerintah menggalakkan vaksinasi, dan di sejumlah tempat vaksinasi menjadi satu kewajiban.

"Misalnya di beberapa universitas, mahasiswa, tenaga pengajar dan pegawai di kampus harus wajib melakukan vaksinasi. Beberapa perusahaan juga mewajibkan vaksinasi," kata Salman.

Selain itu, pemerintah Afrika Selatan tengah mengintensifkan pula booster atau pemberian vaksin dosis ketiga bagi tenaga kesehatan dan pendidik.

Sebelum penemuan Omicron, kasus harian di Afrika Selatan di kisaran ratusan. Namun setelah pemerintah melaporkan adanya varian baru, angka kasus naik menjadi ribuan per hari.

"Sejak pekan ini, memang kasusnya meningkat sangat tajam," kata Salman.


(zap/aik)