China Protes ke Dubes Jepang terkait Komentar Eks PM Soal Taiwan

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 15:04 WIB
Helicopters fly over President Office with Taiwan National flag during the National Day celebrations in Taipei, Taiwan, Saturday, Oct. 10, 2020. Taiwanese President Tsai Ing-wen said Saturday she has hopes for less tensions with China and in the region if Beijing will listen to Taipei’s concerns, alter its approach and restart dialogue with the self-ruled island democracy. (AP Photo/Chiang Ying-ying)
Ilustrasi (dok. AP Photo/Chiang Ying-ying)

Pemanggilan Dubes Jepang ini terjadi saat ketegangan meningkat antara China dengan Taiwan, dengan pesawat-pesawat militer China terus dikerahkan ke zona pertahanan udara Taiwan dalam beberapa bulan terakhir.

Kekhawatiran pun berkembang di kalangan negara-negara Barat sekutu Taiwan, seperti Jepang dan Amerika Serikat (AS), bahwa China bisa memerintahkan invasi ke Taiwan, meskipun mereka menganggapnya tidak mungkin terjadi saat ini.

Awal pekan ini, Pentagon mengungkap rencana untuk memperkuat pengerahan dan pangkalannya yang menargetkan China, mengupgrade dan memperluas fasilitas militer di Guam dan Australia.

Dengan ketegangan meninggi antara China dan AS, Jepang berada dalam situasi sulit antara dua kekuatan dunia yang juga mitra perdagangan utama baginya.


(nvc/idh)