International Updates

China Protes Pengeboran Minyak RI, Jerman Catat Rekor Kematian Corona

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 18:00 WIB
Pulau terperncil d tengah laut. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
ilustrasi (Foto: Dikhy Sasra)
Jakarta -

Pemerintah China disebut meminta Indonesia untuk menghentikan pengeboran minyak dan gas alam di wilayah maritim yang dianggap kedua negara sebagai bagian wilayah mereka saat ketegangan memuncak di perairan Laut China Selatan.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (1/12/2021), informasi ini disampaikan oleh empat sumber yang mengetahui persoalan ini kepada Reuters.

Tuntutan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan belum pernah dilaporkan sebelumnya, ini meningkatkan ketegangan atas sumber daya alam antara kedua negara di wilayah yang bergejolak dengan kepentingan strategis dan ekonomi global.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (1/12/2021):

- Corona Mengganas, Jerman Catat Rekor 446 Kematian Sehari

Jerman melaporkan angka kematian akibat virus Corona (COVID-19) tertinggi dalam sehari sejak pertengahan Februari lalu. Lebih dari 400 orang meninggal akibat Corona dalam 24 jam terakhir di negara ini.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (1/12/2021), badan penyakit menular Jerman, Robert Koch Institute, melaporkan 446 kematian akibat Corona dalam sehari. Angka itu tercatat sebagai angka kematian akibat Corona tertinggi dalam sehari di Jerman sejak 18 Februari lalu, atau sembilan bulan terakhir.

Dengan tambahan ini, maka total kematian akibat Corona di negara ini mencapai 101.790 orang.

Dalam data terbaru, Robert Koch Institute juga melaporkan 67.186 kasus baru Corona terdeteksi dalam sehari. Angka itu tercatat naik 302 kasus dari sepekan lalu. Namun masih di bawah rekor tertinggi yang tercatat pada Jumat (26/11) lalu, saat Jerman melaporkan 76.414 kasus baru dalam sehari.

- Corona Menggila, Prancis Catat Rekor 47.000 Kasus Sehari!

Prancis melaporkan lebih dari 47.000 kasus virus Corona (COVID-19) dalam 24 jam terakhir. Angka itu mencetak rekor sebagai kasus harian Corona tertinggi di Prancis sejak awal April lalu saat negara ini mencapai puncak gelombang ketiga Corona di wilayahnya.

Seperti dilansir Reuters dan CNN, Rabu (1/12/2021), data terbaru Kementerian Kesehatan Prancis menyebutkan 47.177 kasus Corona terdeteksi dalam sehari.

Data itu menunjukkan bahwa untuk pertama kalinya sejak April, jumlah kasus harian Corona di Prancis melampaui 43.000 kasus dalam sehari. Pada 20 April lalu, Prancis mencatat 43.698 kasus Corona dalam sehari.

"Situasinya semakin memburuk," ucap Menteri Kesehatan Prancis, Olivier Veran, kepada Dewan Nasional Prancis.

- Kian Menyebar, Arab Saudi Umumkan Kasus Pertama Varian Omicron

Otoritas Arab Saudi mengonfirmasi satu kasus varian baru virus Corona (COVID-19), Omicron, di wilayahnya. Kasus varian Omicron pertama di Saudi ini terdeteksi pada seseorang yang baru tiba dari Afrika.

Seperti dilansir Arab News dan CNN, Rabu (1/12/2021), kantor berita Saudi Press Agency (SPA) melaporkan bahwa kasus positif Corona varian Omicron itu ditemukan pada seorang warga negara Saudi yang baru pulang dari sebuah negara di Afrika bagian utara.

Simak juga 'Momen Prabowo dan Menhan China Bertemu Virtual':

[Gambas:Video 20detik]