Tercatat Kasus Pertama Varian Omicron di Jepang dari Diplomat

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 20:04 WIB

Kebijakan itu membuat maskapai-maskapai penerbangan hanya bisa menerbangkan warga negara Jerman saja untuk pulang dari Afrika Selatan. Warga negara Jerman yang baru tiba dari Afsel hanya yang sudah divaksinasi Corona serta diwajibkan menjalani karantina selama 14 hari setelah tiba.

Kanada juga melaporkan kasus Corona varian Omicron. Ada lima kasus Corona varian Omicron yang telah terdeteksi di Kanada hingga Selasa (30/11).

Dua kasus Corona varian Omicron di wilayah Ottawa dan satu kasus varian Omicron lainnya terdeteksi di wilayah Quebec -- menjadi kasus varian Omicron pertama di wilayah tersebut.

Menteri Kesehatan Quebec, Christian Dube, mengatakan sekitar 115 pelancong yang datang dari negara-negara terdampak varian Omicron, terutama Afrika Selatan, telah dipanggil dan diminta menjalani isolasi mandiri serta tes Corona.

Direktur Kesehatan Umum, Horacio Arruda, mengatakan satu kasus varian Omicron yang terdeteksi di Quebec berasal dari pelancong yang baru saja kembali dari Nigeria. Kasus ini mirip dengan dua kasus varian Omicron yang lebih dulu terdeteksi di Ontario pada Minggu (28/11) waktu setempat.

Dube menyebut satu kasus varian Omicron terdeteksi saat Quebec tengah menghadapi lonjakan kasus Corona beberapa waktu terakhir. Lonjakan itu sebagian besar dari orang-orang yang belum divaksinasi Corona.


(haf/haf)