Dramatis! Pria Jepang Selamat Usai Terombang-ambing 22 Jam di Lautan

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 17:34 WIB
Ilustrasi kapal tenggelam atau kecelakaan kapal(Dok detikcom)
Ilustrasi (dok. detikcom)
Tokyo -

Seorang pria berusia 69 tahun di Jepang berhasil selamat setelah terombang-ambing di lautan lepas selama 22 jam. Penyelamatan pria ini disebut pejabat setempat sebagai 'keajaiban'.

Seperti dilansir AFP, Selasa (30/11/2021), pria yang namanya belum diungkap ke publik itu sendirian di atas sebuah kapal di perairan sebelah barat daya Prefektur Kagoshima dan sedang dalam pelayaran ke pulau resor Yakushima pada Sabtu (27/11) sore waktu setempat, saat kapalnya terbalik.

Otoritas penjaga pantai setempat menuturkan kepada AFP bahwa pria itu berhasil menghubungi seorang koleganya di pulau tersebut. Namun tidak juga ditemukan keberadaannya hingga nyaris seharian penuh.

Pria itu kemudian ditemukan para petugas penyelamat sedang duduk di atas mesin kapalnya yang terbalik, sambil memegangi bagian baling-baling.

"Dia berada di lautan sendirian selama 22 jam. Saya kagum dengan kemampuannya bertahan hidup," ucap seorang pejabat penjaga pantai setempat, yang enggan disebut identitasnya, kepada AFP.

Rekaman video dramatis yang dirilis otoritas penjaga pantai menunjukkan tim penyelamat mendekati pria itu dengan kapal sambil berteriak: "Kami datang! Sebentar lagi! Berpegangan erat!"

Disebutkan pejabat setempat, pria itu mampu menyelimuti dirinya dengan lembaran plastik abu-abu yang menjaga tubuhnya tetap hangat.

"Suatu keajaiban dia selamat," ujar pejabat penjaga pantai itu kepada media lokal, Asahi Shimbun.

(nvc/jbr)