Mengejutkan! 1 dari 3 Staf Parlemen Australia Alami Pelecehan Seks

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 13:26 WIB
Parlemen Australia Diusulkan Memakai Kartu Gesek Untuk Pengambilan Suara
ilustrasi parlemen Australia (Foto: Australia Plus ABC)
Jakarta -

Temuan mengejutkan terungkap dalam laporan survei terhadap parlemen Australia dan kantor pemerintah lainnya. Terungkap bahwa satu dari tiga staf di parlemen telah mengalami pelecehan seksual.

Lebih dari seperempat dari mereka yang mengalami pelecehan seksual itu mengatakan bahwa pelaku adalah anggota parlemen. Demikian menurut hasil survei terhadap lebih dari 1.700 orang. Sekitar 37% staf juga mengatakan mereka pernah mengalami bullying.

Seperti diberitakan AFP, Selasa (30/11/2021), laporan itu dirilis pada Selasa (30/11) setelah penyelidikan selama tujuh bulan. Hasil laporan, satu dari tiga orang yang saat ini bekerja di parlemen "telah mengalami beberapa bentuk pelecehan seksual saat bekerja di sana". Itu termasuk 63 persen anggota parlemen perempuan negara itu.

Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison mengindikasikan bahwa pemerintahnya kemungkinan akan mendukung 28 rekomendasi yang dituliskan dalam laporan tersebut, yang mencakup penetapan target untuk keseimbangan dan keragaman gender di semua peran parlementer.


Sebelumnya, Morrison memerintahkan penyelidikan independen dilakukan oleh Komisioner Diskriminasi Seks, Kate Jenkins setelah ribuan wanita berunjuk rasa di seluruh Australia untuk memprotes kekerasan seksual.

Morrison mengatakan kepada para wartawan di Canberra, hari Selasa (30/11) ini bahwa laporan tersebut membahas "ketidakseimbangan kekuatan, ketidakseimbangan gender, kurangnya akuntabilitas untuk perilaku, serta memahami lingkungan kerja yang menantang dan menuntut di parlemen".

Lihat juga Video: Rusuh-Penjarahan di Solomon, Pemerintah Minta Bantuan Australia

[Gambas:Video 20detik]