China Janjikan Sumbang 1 Miliar Dosis Vaksin Covid ke Afrika

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 04:10 WIB
Berapa kali vaksin Covid? Jumlah dosis vaksin berbeda-beda tergantung jenis vaksinnya.
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/chayakorn lotongkum)
Jakarta -

Presiden China berjanji untuk memberikan satu miliar dosis vaksin Covid ke Afrika. Afrika sendiri diketahui tengah berjuang untuk mendapatkan cukup suntikan vaksin.

Dilansir AFP, Selasa (30/11/2021) Presiden Xi Jinping mengatakan negaranya akan menyumbangkan 600 juta dosis vaksin secara langsung. Hal ini dikatakannya dalam pidato yang dibuat melalui tautan video ke KTT China-Afrika di dekat ibu kota Senegal, Dakar.

400 juta dosis selanjutnya akan datang dari sumber lain.

"Kita harus terus berjuang bersama melawan Covid," kata Xi dalam pertemuan itu, seraya menambahkan bahwa China akan mengirim sekitar 1.500 pekerja medis ke Afrika.

"Kita harus memprioritaskan perlindungan orang-orang kita dan menutup kesenjangan vaksinasi," katanya juga.

Janji Xi datang sebagai bagian dari forum antara China dan negara-negara Afrika dengan penekanan pada perdagangan dan keamanan, di antara isu-isu lainnya, yang diadakan di kota Diamniadio.

China diketahui banyak berinvestasi di Afrika. Serta menjadi mitra dagang terbesar di benua itu dengan perdagangan langsung senilai lebih dari $200 miliar pada 2019, menurut kedutaan besar China di Dakar.

Beijing juga telah menyumbangkan jutaan dosis vaksin Sinopharm yang diproduksi di dalam negeri ke negara-negara Afrika sejak awal pandemi. Namun, para kritikus menuduh bahwa kemurahan hati China merupakan bagian dari serangan diplomatik.

Tingkat vaksinasi di Afrika rendah dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Dengan banyak negara bergantung pada sumbangan asing karena kurangnya fasilitas produksi lokal dan biaya pembelian massal yang mahal.

(dwia/dwia)