Botswana Deteksi 15 Kasus Baru Varian Omicron

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 14:58 WIB
Virus In Red Background - Microbiology And Virology Concept
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto/loops7)
Gaborone -

Otoritas Botswana mengumumkan pihaknya mendeteksi 15 kasus baru virus Corona (COVID-19) varian Omicron di wilayahnya. Dengan tambahan ini maka total 19 kasus varian Omicron kini tercatat di wilayah Botswana.

Botswana diketahui menjadi satu-satunya negara Afrika di luar Afrika Selatan (Afsel) yang melaporkan keberadaan kasus varian baru Corona yang tengah mengkhawatirkan dunia ini. Demikian seperti dilansir AFP dan Reuters, Senin (29/11/2021).

Dalam konferensi pers pada Minggu (28/11) waktu setempat, Menteri Kesehatan Botswana, Edwin Dikoloti, mengungkapkan negaranya kembali mendeteksi 15 kasus baru varian Omicron.

"Hingga hari ini, kami mencatat total 19 kasus varian tersebut (Omicron-red)," ucap Dikoloti dalam konferensi pers di ibu kota Gaborone.

Pekan lalu, tepatnya Jumat (26/11) waktu setempat, Botswana mengumumkan pihaknya mendeteksi empat kasus Corona yang menjadi kasus varian Omicron pertama di negara tersebut.

Dikoloti memuji para ilmuwan karena berhasil mendeteksi varian baru Corona secara dini, namun menekankan bahwa varian Omicron tidak berasal dari Botswana. Dia menekankan bahwa keempat kasus varian Omicron itu terdeteksi pada empat warga negara asing yang masuk ke wilayah Botswana pada 7 November lalu, dalam misi diplomatik.

Namun dia menolak untuk menyebut asal kewarganegaraan keempat warga asing tersebut, dengan alasan 'tidak ingin menambah tren yang tampak di mana varian itu distigmatisasi'.

Simak juga 'Israel Deteksi Kasus Varian Omicron Pertama':

[Gambas:Video 20detik]