Gempa M 7,5 Guncang Peru, Sejumlah Bangunan Hancur-Tak Ada Korban Jiwa

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 02:29 WIB
Lima -

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 7,5 mengguncang Peru utara. Gempa itu menghancurkan sejumlah bangunan termasuk menara gereja dan melukai sedikitnya 10 orang.

Dilansir dari AFP, Senin (29/11/2021), gempa kuat itu terjadi pada Minggu (28/11) pagi, pukul 5.52 waktu setempat. Pusat gempa berada 98 kilometer di sebelah timur kota kecil Santa Maria de Nieva di Peru di Amazon Peru.

Menurut Institut Geofisika Peru menyebut gempa yang berada di kedalaman 131 kilometer (81 mil) itu membuat beberapa rumah hancur. Gempa itu juga menyebabkan kerusakan di negara tetangga Ekuador.

"Pergerakannya sangat besar," kata Wali Kota Santa Maria de Nieva, Hector Requejo, kepada radio RPP. Dia mengatakan beberapa rumah kayu dan tembok telah runtuh.

Guncangan gempa itu dirasakan di hampir separuh negara, termasuk wilayah pesisir dan Andes, dan ibu kota Lima. Imbas gempa itu, dilaporkan terjadi pemadaman listrik yang meluas.

"Kami semua turun ke jalan, kami sangat ketakutan," kata seorang pendengar bernama Lucia kepada radio RPP dari kota utara Chota.

"Seluruh solidaritas saya dengan orang-orang Amazonas dalam menghadapi gempa kuat," kata Presiden Peru Pedro Castillo di Twitter. "Kamu tidak sendirian, saudara-saudara."

Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan oleh pemantau AS setelah gempa. Tidak ada korban jiwa setelah gempa pertama, yang berpusat di barat Callao, pelabuhan tetangga Lima.

(fas/fas)