Menteri Peru Mundur Usai Gelar Pesta Halloween yang Langgar Aturan Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 03 Nov 2021 16:34 WIB
Perus President Pedro Castillo (L) appointed interior minister Luis Barranzuela during a ceremony in Lima last month - (PRESIDENCIA DEL PERU/AFP)
Luis Barranzuela (kanan) bersama Presiden Peru, Pedro Castillo (PRESIDENCIA DEL PERU/AFP)
Lima -

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Peru, Luiz Barranzuela, mengundurkan diri dari jabatannya. Pengunduran diri ini diajukan setelah laporan bahwa Barranzuela menggelar pesta Halloween di kediamannya yang jelas melanggar aturan pembatasan virus Corona (COVID-19).

Seperti dilansir AFP, Rabu (3/11/2021), Peru menjadi salah satu negara Amerika Selatan yang terdampak parah pandemi Corona, dengan lebih dari 200.000 orang tewas akibat virus mematikan itu -- tingkat kematian per kapita tertinggi di dunia.

Barranzuela (58) menghadapi kritikan publik saat baru menjabat kurang dari sebulan. Laporan televisi setempat menyebut Barranzuela menggelar pesta Hallowen di kediamannya di ibu kota Lima pada Minggu (31/10) waktu setempat.

Diketahui bahwa pesta semacam itu dilarang oleh dekrit pemerintah yang dirilis beberapa hari sebelumnya.

Berita itu memicu kemarahan banyak pihak dari berbagai spektrum politik di negara dengan penduduk 33 juta jiwa itu. Barranzuela pun mengklaim bahwa acara itu untuk tujuan pekerjaan dan menyebut dirinya menjadi korban 'tuduhan palsu'.

Pada Rabu (3/10) waktu setempat, Presiden Peru, Pedro Castillo, mengumumkan bahwa dirinya menerima pengunduran diri Barranzuela.

"Saya telah menerima pengunduran diri Menteri Dalam Negeri Luiz Barranzuela. Dalam beberapa jam ke depan, saya akan mengambil sumpah jabatan siapa pun yang akan menggantikannya," ucap Presiden Castillo dalam pernyataan via Twitter.

Kongres Peru, yang kini dikuasai oposisi sayap kanan, harus memutuskan pada Kamis (4/11) waktu setempat untuk mengabulkan atau tidak mosi kepercayaan untuk kabinet pemerintahan yang dipimpin Perdana Menteri (PM) Mirtha Vasquez.

Media-media lokal melaporkan bahwa pemerintahan Vasquez kemungkinan akan kalah dalam voting mosi kepercayaan jika Barranzuela tetap menjabat.

(nvc/ita)